Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bunyikan Sirine, Kantor Pemkab Pasuruan Pindah ke Bangil

Pasuruan (beritajatim.com) – Pusat pemerintahan kabupaten mulai hari ini resmi dipindahkan. Perkantoran yang dulunya di wilayah Kota Pasuruan, saat ini sudah dipindahkan di komplek pemerintahan Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Pemindahan ini dibuktikan dengan peletakan batu pertama dan disusul dengan bunyinya sirine pembangunan. Sirine ini dibunyikan langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan didampingi oleh Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron, Kejari Kabupaten Pasuruan Ramdanu dan Kepala Dinas SDA Cipta Karya dan Tataruang Hari Apriyanto.

“Mengacu pada peraturan pemerintah tahun 2016 yang dimana ibukota Kabupaten Pasuruan, pindah dan ditetapkan di Bangil. Nantinya semua layanan akan berpindah secara bertahap di wilayah Bangil,” kata Gus Irsyad, Rabu (29/06/2022).

Gus Irsyad juga menjelaskan bahwa kantor sekretariat Bupati Pasuruan ini nantinya akan mempunyai empat lantai. Nantinya dari keempat lantai tersebut akan meliputi kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan ruangan lainnya.

Tak hanya itu lahan seluas 7 hektare ini nantinya juga akan dibangun kantor OPD. Kantor ini nantinya akan mempunyai tiga lantai dan akan ditopang 150 lebih tiang pancang.

Disampaikan oleh Kepala Dinas SDA Ciptakarya dan Tataruang, Hari Apriyanto bahwa anggaran terhadap pembangunan ini memiliki total Rp 150 miliar. Sebanyak Rp 50 miliar guna pembangunan Sekretariat Bupati Pasuruan dan gedung OPD memiliki anggaran Rp 21 miliar.

“Untuk anggaran totalnya ada Rp 150 miliar untuk membangun komplek perkantoran di wilayah Raci. Rp 50 miliarnya untuk sekretariatan Bupati, Rp 21 miliar untuk gedung OPD dan sisanya untuk pembangunan di perkantoran lainnya,” kata Hari.

Rencanaya gedung ini akan selesai dan bisa digunakan pada bulan Desember 2022. Bupati berpesan agar pengerjaan ini selalu diawasi oleh Kejari Kabupaten Pasuruan. [ada/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar