Politik Pemerintahan

Pilbup Kediri 2020

Bunda Yekti Janji Bangun Stadion Bertaraf Internasional

Kediri (beritajatim.com) – Bakal Calon Bupati Kediri, Hj. Yekti Murih Wiyati mengatakan, banyak cabang olah raga di Kediri yang berpotensi melahirkan atlet-atlet berprestasi. Karenanya, jika dipercaya memimpin Kabupaten Kediri, ia akan memperhatikan keolahragaan di daerahya antara lain, dengan membangun berbagai fasilitas olah raga.

Bunda Yekti melihat cabang olahraga sepakbola di Kediri sangat maju. Ada dua tim sepakbola yang sudah memiliki nama besar yaitu, Persedikab dan Persik Kediri. Khusus untuk Persik Kediri, klub dari Kota Kediri tersebut baru saja menjadi juara Liga 2 PSSI dan kini promosi di kompetisi tertinggi sepakbola tanah air. Yekti berniat membangun stadion bertaraf Internasional.

“Kediri memiliki tim besar sekelas Persik Kediri, mayoritas suporternya berasal dari Kabupaten Kediri, ini adalah potensi yang seharusnya dimaksimalkan. Kita jangan terus berdebat Persik milik kota atau kabupaten. Sekarang sudah era sepakbola profesional, setahu saya Persik perusahaan swasta dengan legalitas PT. Mereka butuh stadion yang bisa menampung suporter yang jumlahnya puluhan ribu sekali pertandingan”, katanya.

Pemikiran perempuan pengusaha kopi luwak ini tidak asal. Dia berkaca pada tim sepakbola Arema Malang. Dimana, klub sepakbola profesional tersebut bermarkas di wilayah kabupaten, bukan di tengah Kota Malang. Menurut Yekti hal tersebut dapat diadopsi di Kediri.

“Kita mengaca pada Arema Malang, dulu home base-nya juga di Stadion Gajayana, Kota Malang. Lalu setelah ada Stadion Kanjuruhan yang dibangun Kabupaten Malang mereka akhirnya juga pindah ke lokasi yang memiliki kapasitas lebih besar”, ungkap Hj. Yekti.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Kediri menambahkan, Kabupaten Kediri masih banyak lokasi luas untuk membangun stadion. Hal tersebut bisa terintegrasi dengan fasilitas lainnya. Misalnya di wilayah yang rencananya akan dibangun bandara.

“Nanti kalau ada pertandingan kan tim tamu lawan Persik kalau sudah ada bandara juga naik pesawat ke Kediri, mereka bisa menginap di hotel di areal bandara juga. Potensi lain dari stadion nanti juga bisa dibuatkan sentral parkir dan pertokoan”, tambahnya.

“Saya mempunyai anak laki-laki yang hobi sepakbola, potensi ekonominya luar biasa kalau dimaksimalkan. Mulai dari biaya sewa stadion untuk pertandingan, pajak tontonan, jersey dan aksesoris club, parkir kendaraan, hingga pajak penjualan restoran dan toko di kawasan stadion”, tambahnya dengan optimisnya pada industri sepakbola.

Meskipun seorang perempuan, namun Bunda Yekti sangat perhatian pada banyak bidang olahraga, utamanya sepakbola. Dirinya sering melihat pertandingan tim Macan Putih Persik Kediri dengan jumlah penonton yang hadir mencapai ribuan orang.

“Menurut data yang saya peroleh, jumlah suporter Persik itu lebih dari 150.000 orang. Sementara kapasitas Stadion Brawijaya kan kurang lebih 15.000 orang, ini kan seharusnya menjadi peluang bagi Kabupaten Kediri”, tutupnya.

Sementara itu, Yekti telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik yang dapat mengusungnya dalam bursa pemilihan. Hari ini, perempuan berparas cantik tersebut resmi mendaftarkan diri dalam penjaringan di DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri.

Yekti mengaku, selain akan mendirikan bandara kelas Internasional di Kediri bila terpilih nantinya, juga akan menggelindingkan beberapa program unggulan. Antara lain mempercepatan pembangunan Bandara Kediri, memperbaiki infrastruktur, reformasi atau perbaikan sistem birokrasi yang bersih dan membuka kran investor untuk masuk di Kabupaten Kediri.

Untuk diketahui, DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 selama empat hari dimulai, pada Rabu (5/2/2020).  Yekti Murih Wiyati menjadi peserta penjaringan keenam yang mendaftarkan diri di partai berlambang pohon beringin tersebut. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar