Politik Pemerintahan

Berbekal 60 Persen KTP

Bunda Ratu Satiyem Maju Pilbup Banyuwangi Lewat Perseorangan

Dari (kiri) Sunaryanto dan Satiyem pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi independen saat penyerahan akun Silon oleh Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni Rahman didampingi Komisioner Ari Mustofa (kanan). Foto:(rin)/bj.com

Banyuwangi (beritajatim.com) – Daftar bakal calon perseorangan pada pemilihan bupati Banyuwangi 2020 sudah mulai terlihat. Dua nama telah mengambil akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi.

Di antaranya, ada nama Satiyem bakal calon perseorangan yang berasal dari Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo. Wanita yang telah merubah namanya menjadi Bunda Ratu Satiyem ini optimis maju berpasangan dengan Sunaryanto, mantan Kades Wringinagung, Kecamatan Gambiran.

“Optimis dapat memenuhi dukungan suara sebanyak 85. 643 dukungan. Saat ini sudah lebih dari 60 persen,” kata Satiyem usai mengambil akun Silon di KPU Banyuwangi, Kamis (9/1/2020).

Menurutnya, dengan sistem Silon saat ini cukup menguntungkan bagi calon independen. Pasalnya, calon tidak dapat memanipulasi dukungan.

“Cukup baik ya dan menguntungkan, kenapa karena calon yang mendaftar tidak bisa memanipulasi dukungan suara. Karena jika terjadi itu akan langsung kelihatan,” ungkapnya.

Selain Satiyem, nama bakal calon Bupati Banyuwangi yang maju dari jalur independen adalah Purnomo yang berpasangan dengan mantan anggota DPRD Banyuwangi Drs. Suminto yang juga tokoh Hindu di Bumi Blambangan.

Namun, beda dengan Satiyem dan Sunaryanto yang datang sendiri ke KPU, melainkan pasangan ini memberi mandat ke timnya untuk mengambil akun Silon. Tim ini resmi mengambil Silon di KPU Banyuwangi pada Selasa (7/1/2020).

“Dengan pengambilan aplikasi Silon bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sudah dapat memasukkan data lengkap pendukungnya dan diserahkan ke KPU mulai 19 hingga 23 Februari 2020 mendatang,”

“Syaratnya, bakal calon yang maju dari jalur perseorangan harus mendapatkan minimal sebanyak 85. 643 dukungan, yang tersebar di 13 dari 25 kecamatan di Banyuwangi, atau 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT),” jelas Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa. (rinted)

Ket : Dari (kiri) Sunaryanto dan Satiyem pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi independen saat penyerahan akun Silon oleh Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni Rahman didampingi Komisioner Ari Mustofa (kanan). (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar