Politik Pemerintahan

Bunda Baca Pamekasan Dorong Pemdes Tingkatkan Minat Baca

Pamekasan (beritajatim.com) – Bunda Baca Pamekasan, Nayla Hasanah Badrut Tamam mengajak pemerintah desa (pemdes) di seluruh kecamatan di Pamekasan, agar meningkatkan minat baca masyarakat melalui keberadaan Perpustakaan Desa alias Perpusdes.

Hal tersebut disampaikan istri bupati Pamekasan, dalam upaya mendorong peningkatan minat baca masyarakat. Sekaligus menciptakan situasi dan kondisi lingkungan masyarakat yang dinilai sangat penting, salah satunya demi menciptakan budaya literasi di Kabupaten Pamekasan.

“Peran dari pemerintah desa dalam mendorong peningkatan minat baca masyarakat desa sangat penting, salah satu langkah konkrit dengan mendorong adanya maupun ketersediaan perpustakaan di desa,” kata Bunda Baca Pamekasan, Nayla Tamam, Sabtu (29/2/2020).

Dari itu pihaknya mendorong agar pemerintah desa dapat bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta Dinas Perspustaan dan Arsip Pamekasan, guna meningkatkan budaya literasi. “Maka dari itu, setiap desa maupun kelurahan harus memiliki satu perpustakaan desa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya berharap gagasan tersebut agar segera ditindak lanjuti dengan menganggarkan dana untuk kegiatan Perpusdes. “Dengan begitu, harapan peningkatan minat baca masyarakat di setiap desa bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga dengan sendirinya tercipta budaya literasi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Istri Bupati Pamekasan, Nayla Hasanah Badrut Tamam secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda Baca Kabupaten Pamekasan Periode 2019-2023, di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Kamis (17/10/2019) lalu.

Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando dalam kegiatan Pengukuhan Bunda Baca dan Seminar yang mengusung tema ‘Membangun Budaya Literasi Melalui Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Era Melinial’. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar