Politik Pemerintahan

BUMDesa di Bojonegoro Terima Bantuan Rp 1 Miliar dari Mendes PDTT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan ke BUMDes Guyub Rukun Desa Sumuragung Kecamatan Baureno Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memberikan bantuan Rp 1 milliar kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Guyub Rukun di Desa Sumuragung Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Senin (7/6/2021).

Bantuan tersebut dimaksudkan untuk pengembangan wisata yang dikelola oleh BUMDes Guyub Rukun. Bantuan diberikan oleh Mendes Abdul Halim Iskandar dengan didampingi isteri saat melakukan kunjungan di objek Wisata Tebing Gupit (WTB) Desa Sumuragung yang dikelola oleh BUMDes setempat.

Dalam kunjungannya ke wilayah Bojonegoro khususnya di tempat wisata Tebing Gupit, Abdul Halim disambut Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, DPR RI komisi IX Farida Hidayati, DPRD Provinsi Fauzan Fuadi, serta Forkopimda Kabupaten Bojonegoro.

“Cukup kagum dan salut terhadap pembangunan tempat wisata yang cocok dipilih sebagai tempat perkemahan. Dengan pandangan yang cukup indah, maka masyarakat dapat melihat kealamian dari tempat tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, ia menuturkan, di tempat ini semua pengunjung dapat melihat pemandangan matahari terbit maupun terbenam tanpa perlu pergi jauh hingga ke Bali untuk dapat menikmati matahari. “Nanti kalau mengkampanyekan tempat ini cukup mudah. Mau lihat matahari terbit dan terbenam, silahkan datang ke desa Sumuragung,” canda Abdul Halim dalam sambutannya.

Apresiasi dengan memberikan bantuan sebesar Rp 1 miliar untuk membangun tempat wisata tersebut agar pengelolaannya lebih baik lagi. Adapun rincian keuangannya yaitu Rp 500 juta dari Kementrian Desa PDTT dan Rp 500 juta lainnya dari Fauzan Fuadi selaku anggota DPRD Jawa Timur.

Abdul Halim atau yang sering disapa Gus Menteri juga menambahkn bawaannya desa memiliki tanggung jawab yang besar dalam pemulihan ekonomi nasional. “Satu-satunya kunci pemulihan ekonomi nasional di desa adalah BUMDes, unit usaha bumdes yang paling favorit ialah desa wisata,” tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengungkapkan, dalam hal pembangunan daerah yang perlu dilakukan pertama adalah dari desa. Jika desa sejahtera maka perputaran ekonomi kerakyatan juga akan jalan. “Sehingga kedepan desa diharapkan memiliki nilai potensi sendiri-sendiri,” ungkapnya. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar