Politik Pemerintahan

Bulog Jamin Beras Bansos untuk Masyarakat Aman

Pemimpin Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan, Lela Nurita.

Mojokerto (Beritajatim.com) – Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan menjamin beras bantuan sosial (bansos) yang akan didistribusikan kepada masyarakat aman. Ini menyusul temuan sidak Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari ke gudang Bulog di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Pemimpin Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan, Lela Nurita mengatakan, jika ditemukan beras ada kutu merupakan bawaan dari beras. “Kalau dari kami, setiap tiga bulan sekali kami lakukan fumigasi. Satu bulan sekali kita lakukan spraying sehingga beras disalurkan kita cek kwalitasnya,” ungkapnya.

Sehingga saat masyarakat menerima beras bansos tersebut layak untuk dikonsumsi. Menurutnya, sebelum disalurkan atau didistribusikan ke masyarakat, pihak Bulog akan melakukan fumigasi. Saat batas fumigasi sudah memenuhi maka beras akan akan didistribusikan kepada masyarakat penerima bansos.

“Kalau ada yang berkutu, akan kita ganti. Untuk penyaluran hari Jumat besok, untuk Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan wilayahnya di Kota/Kabupaten Mojokerto dan Jombang. Artinya gudang kita tersebar di tujuh wilayah jadi bisa diambil dari gudang manapun selama masih dalam wilayah kita. Masih aman untuk stok,” katanya.


Lela menjelaskan, kutu yang ada di beras merupakan bawaan dari beras. Untuk kutu besar, jika dilakukan fumigasi langsung mati. Namun untuk telur kutu jika menetas memang diakui agak susah sehingga fumigasi dilakukan gudang Kantor Surabaya Selatan rutin setiap tiga bulan sekali.

“Bukan lama ditimbun kemudian muncul kutu. Itu sebenarnya, beras kita menunjukkan tidak ada bahan pengawet sehingga kutu mau. Kutu bisa dihilangkan, bisa mati yakni dengan dilakukan fumigasi yang rutin setiap tiga bulan sekali kita lakukan dan satu bulan sekali dilakukan spraying sebelum didistribusikan,” jelasnya.

Lela menambahkan, stok beras di Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan ada sebanyak 20 ribu ton. Stok tersebut untuk mencukupi bansos PPKM untuk tiga kabupaten/kota kurang lebih sebanyak 2.139 ton sehingga stok beras di Kantor Cabang Bulog Surabaya Selatan masih sangat mencukupi.

Sebelumnya, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengecek stok dan kwalitas beras di dua gudang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya Selatan, Rabu (28/7/2021). Menyusul bantuan sosial (bansos) yang akan dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto di bulan Juli 2021 cukup besar.

Bansos baik dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Pemkot Mojokerto bekerja sama dengan Bulog. Hasilnya, tim menemukan ada karung beras yang ada di gudang Bulog di Kelurahan Gunung Gedangan terdapat kutu. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar