Politik Pemerintahan

Buka Rakernas IPPNU, Wapres Dorong Pembangunan Ekonomi Pesantren

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekan tombol alarm sebagai tanda dibukanya Rakernas IPPNU di PPBU Tambakberas Jombang, Kamis (23/1/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin membuka Rakernas Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) 2020 di GOR KH Hasbullah Said, PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang, Kamis (23/1/2020).

Dalam sambutannya, Wapres berbicara panjang lebar tentang perlunya membangun ekonomi pesantren. Kiai Ma’ruf juga mendorong santri untuk membangun dunia usaha. “Untuk itu, kami berharap IPPNU bisa meningkatkan SDM di bidang teknologi digital agar kreatif dan inovatif,” kata Ma’ruf dalam sambutannya.

Kiai Ma’ruf mejelaskan, perkembangan teknologi dengan adanya digital marketing bisa dimanfaatkan para santri untuk memasarkan produk kreatifnya. Makanya, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang memiliki program one pesantren, one produk.

“Tadi saya dapat informasi bahwa mereka sudah punya aplikasi untuk pemasaran baik yang online maupun yang offline. Dan sekarang berbagai e-commerce itu tadi sudah hadir, juga akan membantu pemasaran. Di sektor keuangannya juga sudah. Dari beberapa fintech sudah bergabung dengan usaha-usaha santri,” ujarnya.

Usai menyampaikan pidatonya, Wakil Presiden lantas membuka Rakernas IPPNU 2020. Pembukaan Rakernas tersebut dilakukan secara simbolik dengan memencet tombol alarm. KH Ma’ruf Amin didampingi Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Usai membuka Rakernas IPPNU, Wapres Ma’ruf Amin bersama rombongan berkeliling mengunjungi stan pameran ‘Gelar Karya Santri Nusantara‘. Pameran yang berada di depan GOR tersebut terdiri dari 60 stan. Acara ini diikuti oleh 20 santri dari SMK di bawah naungan pondok pesantren. Selain itu juga 20 perwakilan koperasi pesantren, dan 20 sociopreneur yang merupakan alumni pesantren yang punya usaha.

Terakhir, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan berziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama KH Wahab Chasbullah, di kompleks PPBU Tambakberas, Jombang. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar