Politik Pemerintahan

BPN Kabupaten Kediri Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah kepada Warga Desa Ngadi

Kediri (beritajatim.com) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri menyerahkan 300 sertifikat tanah kepada warga Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sertifikat yang diterbitkan tersebut dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat dilaksanakan di Kantor Desa Ngadi, Kecamatan Mojo. Proses penyerahan berlangsung secara simbolis dengan menerapkan protokol Covid-19. Diantaranya membagi jadwal menjadi beberapa tahap, memakai masker serta mengatur jarak.

Petugas pelaksana kegiatan PTSL dari BPN Kabupaten Kediri, Edi Purnama mengatakan, program PTSL dilaksanakan sebagai proses pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah di dalam suatu wilayah desa.

Proses pendaftaran, dilakukan sejak Januari 2020 lalu. Pendaftaran selesai pada akhir Desember 2020 mendatang. Rencananya 2020 seluruh bidang tanah di Desa Ngadi untuk program PTSL Tahun 2020 ini sudah selesai Dari jumblah kuota 1900 bidang.

“Melalui program PTSL ini ditargetkan di Tahun 2024 seluruh bidang tanah yang ada di Kabupaten Kediri semuanya sudah memiliki sertifikat,” paparnya.

Terpisah, Kepala Desa Ngadi Basuki Eko Margono berpesan bagi warga yang menerima sertifikat untuk menyimpan sertifikatnya sebaik-baiknya. Eko meminta agar warga menteliti dengan baik tulisan atas nama yang tertera.

Bilamana terjadi kekeliruan atas nama sertifikat segera melaporkan pada panitia. Pihaknya juga mewanti-wanti agar tidak sampai hilang atau rusak.

“Saya berharap kalau bisa sertifikat tidak digunakan sebagai jaminan Bank, akan tetapi bilamana memang perlu di gunakan sebagai jaminan agar uang pinjaman itu di gunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomian Dan tarap hidup masyarakat,” pintanya. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar