Politik Pemerintahan

BPDB Kabupaten Malang Himbau Masyarakat Waspada Bencana

Malang (beritajatim.com) – Memasuki musim penghujan, masyarakat Kabupaten Malang diminta meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana alam. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, bahwa meskipun hujan belum merata turun di wilayahnya, tapi masyarakat harus siap siaga selama 24 jam.

“Kita sudah masuk musim penghujan, walaupun belum merata di semua wilayah. Dimungkinkan, wilayah Kabupaten Malang, sesuai dengan topografinya, banyak daerah-daerah yang kemiringannya lebih dari 45 derajat, ataupun daerah yang rawan longsor, sudah harus diketahui sejak dini supaya lebih waspada,” ujar Bambang, Kamis (19/12/2019).

Selain tanah longsor, peristiwa yang patut menjadi perhatian masyarakat yaitu angin kencang. Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, hujan deras selalu turun disertai angin kencang yang cukup berbahaya. “Banyak sekarang kejadian-kejadian, mobil tertimpa pohon, rumah tertimpa pohon,” ucapnya.

Mantan Kasatpol PP Kabupaten Malang ini menambahkan, masyarakat juga harus peka dengan kondisi alam di sekitarnya. Seperti misalkan, jika ada pohon yang sudah rapuh harus segera dipangkas. “Kalau memang ada pohon yang perlu dibetulkan, dalam artian banyak dahan dan ranting yang mudah patah, agar segera ditebang,” terangnya.

Jika masyarakat membutuhkan bantuan instansi terkait, Bambang menyebutkan, agar segera membuat laporan. Supaya bisa cepat ditindaklanjuti. “Kalau pohon itu di pinggir jalan, ya ajukan penebangan melalui prosedur yang ada. Pada intinya, ketahui dulu ancamannya, tentukan strateginya, maka kita akan selamat,” tandas Bambang. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar