Politik Pemerintahan

Antisipasi Kebakaran

BPBD Pamekasan Imbau Warga Waspada saat Bakar Sampah

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan mengimbau masyarakat, agar selalu berhati-hati saat membakar sampah yang berada di sekitar semak belukar yang mengakibatkan pada peristiwa kebakaran.

Hal tersebut disampaikan pasca kembali terjadi kebakaran di area semak belukar yang berdekatan dengan rumah warga, seperti yang terjadi di Kelurahan Juncangcang, Kecamatan Pamekasan, Selasa (20/8/2019) siang. Sebab sebelumnya hal serupa terjadi di Desa Konang, Kecamatan Galis, beberapa waktu lalu.

“Kami mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati jika membakar sampah di sekitar semak belukar yang berdekatan dengan pemukiman warga. Sebab api sekecil apapun dapat menyebabkan kebakaran fatal jika tidak terkendali,” kata Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus.

Himbauan tersebut disampaikan karena saat ini sudah memasuki musim kemarau, terlebih bencana yang sering terjadi di Bumi Gerbang Salam pada musim kemarau seperti saat ini sebagian besar peristiwa kebakaran. “Jadi mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan, serta selalu berhati-hati terhadap bencana ini,” imbaunya.

“Namun yang pasti, kami bersama instansi samping tentunya akan berupaya maksimal untuk menanggulangi sekaligus mengatasi berbagai bencana di Pamekasan, khususnya bencana kebakaran yang sering terjadi di musim kemarau seperti tahun lalu,” jelasnya.

Sebelumnya Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan, juga mengajarkan peristiwa serupa juga terjadi di kebakaran lahan bambu di Desa Panglegur, Kecamatan Pamekasan. Namun api dipadamkan warga sebelum tim Damkar tiba di lokasi kejadian. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar