Politik Pemerintahan

BPBD Kabupaten Kediri Latih Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Kediri (beritajatim.com) – Untuk memberikan pemahaman dalam tata laksana pemulasaraan jenazah yang diduga terpapar Covid-19, BPBD Kabupaten Kediri memberikan pelatihan pemulasaraan jenazah sesuai protokol bagi masyarakat Desa Nanggungan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Dalam pelatihan tersebut, masyarakat diajarkan mulai tata cara pemakaian alat pelindung diri, memandikan jenazah hingga proses pemakaman.

BPBD Kabupaten Kediri yang merupakan bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pelatihan tersebut diikuti para relawan dari masing masing dusun yang ada di desa nanggungan.

Syaifudin Zuhri, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kediri mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang benar dalam penanganan jenazah Covid-19. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan membahayakan diri relawan, pihak keluarga maupun masyarakat sekitar.

“Covid-19 ini memiliki karakteristik tersendiri. Karenanya dibutuhkan sebuah pengetahuan yang benar dalam menanganinya,” kata Syaifudin Zuhri, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bpbd Kabupaten Kediri.

Syaifudin menambahkan, pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, bahwa semua jenazah Covid-19 sudah tertangani dengan baik. baik yang sudah terkonfirmasi positif maupun yang masih PDP.

Untuk diketahui, dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan langkah-langkah tata laksana secara spesifik untuk mencegah penyebaran kepada relawan tenaga pemulasaraan jenazah serta keluarga dan masyarakat pada umumnya.

Adapun perlakuan yang dilakukan pada jenazah yakni, jenazah tidak disuntik pengawet atau dibalsem, jenazah dibungkus dengan kain kafan kemudian dibungkus dengan bahan plastik (tidak tembus air) dan diikat, jenazah dimasukkan kedalam kantong yang tidak mudah tembus dan dipastikan tidak ada kebocoran cairan, plastik kantong disegel dan tidak boleh dibuka lagi dan dilakukan desinfeksi. [adv kominfo/nm]

 

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar