Politik Pemerintahan

BLT Kemensos Rp 600 Ribu Mulai Didistribusikan di Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Warga terdampak Covid-19 atau virus corona di Jombang mulai mendapatkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang bersumber dari Kemensos. Bantuan tersebut sebesar Rp 600 ribu per bulan. Pembagiannya selama tiga bula ke depan.

Launching pencairan BLT atau Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI itu dilakukan di Kantor Pos Jombang, Jalan Wahid Hasyim, Selasa (12/5/2020). Selain dihadiri Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah A Jazuli, para asisten, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Jombang, serta para undangan.

Mundjidah Wahab dalam sambutan mengatakan BST/BLT dari Kemensos tersebut diberikan selama tiga bulan. Yakni April, Mei dan Juni. Setiap bulan masing-masing KPM (keluarga penerima manfaat) mendapatkan Rp 600 ribu.

“Pencairan sekarang ini untuk bulan April. Sedangkan untuk Mei dicairkan setelah lebaran,” kata Bupati Mundjidah sembari mengatakan bahwa jumlah KPM BST Kemnsos di Kabupaten Jombang yang sudah terverifikasi dan tervalidasi sebanyak 24.100 kepala keluarga (KK) melalui PT POS Indonesia.

Untuk selanjutnya, kata bupati, pencairan dilakukan di desa masing-masing. Nantinya, petugas dari PT Pos akan mendatangi setiap balai desa kemudian disediakan ruang guna jaga jarak (physical distancing) dan juga wajib bermasker.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan pusat yang telah menggelontorkan bantuan di tengah Pandemi Corona. Tentunya, lanjut Mundjidah, bantuan tersebut sangat membantu masyarakat pra sejahtera. “Kepada penerima, semoga bantuan ini dapat meringankan beban di tengah situasi sulit akibat Covid-19. Bantuan tersebut sudah sepatutnya digunakan sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Kepala Kantor Pos Jombang Deki Ermawan mengatakan, penyaluran BST Kemensos dimulai dari Kecamatan Diwek dan Jogoroto, serta sebagian wilayah kecamatan Jombang yang hari ini dipanggil untuk acara launching. “Berikutnya diikuti Kecamatan Gudo, Perak dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo,” pungkas Deki. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar