Politik Pemerintahan

BLT-DD Cair Jangan Buat Beli Pakaian, Tapi Kebutuhan Pokok

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Kementerian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal tahap pertama ke Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Nganjuk, Gresik dan Pamekasan

Di mana, penyaluran BLT DD tersebut langsung dilakukan video conference di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/5/2020) serta di Balai Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, langsung dihadiri Bupati Malang Sanusi, tempat kedua Balai Desa Gentengwetan, Kecamatan Genteng Banyuwangi oleh Bupati Azwar Anas, serta tempat ketiga Balai Desa Pehserut, Kecamatan Sukomoro, Nganjuk.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan selamat kepada penerima BLT DD dari kemendes di wilayah Banyuwangi, Kabupaten Malang, Nganjuk, Gresik, dan Pamekasan semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Dana Desa di tengah pandemi Covid-19 di Jatim.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, penyaluran BLT DD ini disalurkan melalui tiga Bank yaitu BRI, BNI, dan BPD Bank Jatim. Maka itu pihaknya meminta kepada Bank tersebut di Malang BNI, BRI di Banyuwangi, dan BPD Bank Jatim di Gresik untuk segera mempercepat proses penyaluran BLT DD tahap 1 sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Saya minta Bank tersebut segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Bupati dan OPD untuk menyalurkan DD mengingat lebaran kurang empat hari lagi,” pinta Khofifah Gubernur Perempuan pertama di Jatim.

“Bahkan, penyaluran BLT-DD ini kami sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo pada saat video conference bersama seluruh gubernur dan menteri. Pak Presiden berpesan agar BLT-DD harus dimaksimalkan dan dipercepat pencairannya sebelum Hari Raya Idul Fitri agar dapat dirasakan betul manfaatnya oleh para KPM untuk memenuhi kebutuhannya,” katanya.

Ia juga menyampaikan, pihaknya sudah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD0 Pemprov Jatim untuk melakukan koordinasi dengan PMD kabupaten/kota untuk segera mempercepat proses bantuan DD tahap pertama sebelum lebaran sesuai intrusksi Presiden. “Terima kasih kepada seluruh perangkat desa di Jatim, Kecamatan, Bupati yang sudah melakukan koordinasi penyaluran DD. Diharapkan sebelum lebaran minimal Jumat atau Sabtu selesai penyaluran tahap pertama ini,”paparnya.

Ia juga menambahkan, kepada masyarakat di Nganjuk, Banyuwangi, Malang, Gresik, dan Pamekasan saat lebaran nanti untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, dan bersilahturahmin melalui media sosial juga bisa, jangan berkumpul saat lebaran syawal nanti. Ini dilakukan agar covid 19 dapat ditekan lagi.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, progress penyaluran BLT-DD Jatim hingga saat ini telah cair Rp 115,99 M dan sudah disalurkan kepada 193.319 KPM pada 2.049 desa di 25 kabupaten/kota.

“Insya Allah sebelum lebaran semua desa di Jatim tuntas menerima DD dari Kemendes,” ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jatim, M Yasin ditemui usai pembagian.

Ia mencontohkan, Desa yang sudah membagikan dana desa selesai yaitu Trenggalek sudah selesai 100 persen, kemudian Madiun, Jombang, Lumajang, Gresik, dan Tulungagung disalurkan terakhir besok Rabu (20/5/2020).

“Maka itu ia mengimbau kepada penerima DD di Jatim dapat memanfaatkan bantuan ini membeli kebutuhan meningkatkan nutrisinya seperti membeli sembako, seperti daging. Pokoknya dalam kondisi saat ini tubuh butuh peningkatan imun tubuh untuk menjaga ketahanan tubuh di tengah Covid-19, bukan membeli pakaian,” pungkasnya. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar