Politik Pemerintahan

Blanko KTP-el Telat, Suket Solusi Tepat

Foto/ilustrasi KTP

Ponorogo (beritajatim.com) – Semenjak ada keterlambatan pengiriman blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo mengantisipasi dengan mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP -el atau biasa disingkat Suket kepada warga yang mengurusnya.

”Sejak tanggal 4 Desember 2019, Dispendukcapil Ponorogo sudah mengeluarkan Suket sebanyak 23. 875 lembar,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Jumat (6/12/2019).

Meski hanya Suket, Heru menyebut jika fungsinya sama dengan KTP-el. Bisa digunakan untuk membuka rekening, perpanjangan SIM atau membuat SIM baru, bahkan bisa juga untuk syarat untuk pendaftaran CPNS.

”Jadi fungsinya semua yang berkaitan dengan KTP-el,” katanya.

Heru memperkirakan blanko KTP-el akan dikirim oleh Pemerintah Pusat pada awal tahun depan, sekitar bulan Februari atau Maret. Apabila nanti sudah ada, akan segera diselesaikan tunggakan suketnya.

Rencananya, Dispendukcapil Ponorogo suket yang sudah ada itu akan dicetakkan KPT-el. Pendistribusian KTP el masyarakat ini melalui desa atau kelurahan yang menjadi alamat si pemilik KTP -el. Mekanisme pendistribusian itu sudah dilakukan Dispendukcapil pada tahun ini. Heru menambahkan yang membedakan suket dengan KTP-el yakni kalau suket mempunyai masa aktif selama 6 bulan, sedangkan KTP-el seumur hidup.

”Kalau suketnya sudah kedaluwarsa, ya harus memperbaruinya lagi ke kantor Dispendukcapil maupun perwakilan yang ada di Kecamatan,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar