Politik Pemerintahan

Besok, Putra Pramono Anung Ditetapkan Sebagai Bupati Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri melakukan persiapan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri terpilih, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa. Penetapan bakal digelar di Gedung Kilisuci Pemerintah Kabupaten Kediri pada Jumat (23/1/2021) pukul 09.00 WIB.

Anwar Ansori, Komisioner KPU Divisi Teknis mengatakan, penetapan cabup dan cawabup terpilih melalui rapat pleno terbuka. Sementara hasil penetapan akan disampaikan KPU ke DPRD untuk proses selanjutnya yaitu, pelantikan. “Seremonialnya berupa pembukaan. Setelah doa, kemudian diadakan rapat pleno terbuka. Dan penetapan oleh Ketua KPU,” kata Anwar.

Masih kata Anwar, penetapan cabup dan cawabup Kediri terpilih didasarkan pada BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikirimkan ke KPU RI. Kemudian KPU RI mengirimkan surat ke KPU daerah untuk proses penetapan.

“Untuk persiapan nya Alhamdulillah sudah menata tempatnya dan bagaimana protokolernya. Kami juga sudah mendapat rekomendasi dari Satgas COVID-19 Kabupaten Kediri,” tambah Anwar.

Dalam agenda penetapan tersebut, KPU mengundang Forkopimda termasuk Bupati dan Wakil Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Masykuri Ikhsan. Kemudian parpol, Bawaslu, paslon (putra Seskab Pramono Anung dengan Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri) dan LO.

“Setelah kita tetapkan, maka hasil penetapan paslon terpilih disampaikan ke DPRD. Nanti prosesnya DPRD menentukan ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur untuk proses selanjutnya,” tutupnya.

Untuk diketahui, pasangan Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) dan Dewi Maria Ulfa (Mbak Dewi) terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kediri melalui Pilkada 2020. Pasangan tunggal ini memang dari lawannya kotak kosong. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar