Politik Pemerintahan

Besok, Ponorogo Lakukan Rukyatul Hilal Penentuan 1 Syawal 1442 H

Rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan sekitar sebulan yang lalu. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kantor kementrian agama (kemenag) Kabupaten Ponorogo bakal menyelenggarakan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal 1442 hijriah. Rukyatul hilal diselenggarakan di pondok pesantren Al Islam Desa Joresan Kecamatan Mlarak pada tanggal 29 Ramadan 1442 hijriah atau tanggal 11 Mei 2021 Masehi.

“Seperti penentuan awal puasa, besok akan dilakukan rukyatul hilal untuk penetuan tanggal 1 Syawal,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo Syaikhul Hadi, Senin (10/5/2021).

Syaikhul Hadi menjelaskan jika hasil rukyatul hilal ini, nantinya akan dikirim ke Jakarta untuk materi sidang isbat penentuan 1 Syawal oleh Pemerintah. Sidang isbat sendiri akan dilakukan pada 29 ramadhan atau 11 Mei setelah bada salat magrib. Kegiatan rukyatul hilal di ponpes Al Islam itu nantinya akan dihadiri oleh perwakila ormas keagamaan, tim ahli falakiyah, Pemkab Kemenag dan Pengadilan Agama Ponorogo. “Karena dalam suasana pandemi, peserta yang hadir dibatasi hanya sekitar 30 orang,” katanya.

Penunjukan lokasi di ponpes Al Islam untuk pertama kalinya untuk penentuan awal bulan Ramadan dan Syawal tahun iniini ditunjuk oleh Kementrian Agama wilayah Jawa Timur. Meski baru pertama kalinya ditunjuk dari Kementrian Agama wilayah Jawa Timur, ternyata ponpes Al Islam sudah lama dipakai oleh organisasi masyarakat dan ahli hisab serta rukyat untuk melihat hilal. “Sebelum ditunjuk oleh Kementrian Agama Jawa Timur, ternyata lokasi ponpes Al Islam sebelumnya sudah sering dijadikan rukyatul hilal oleh ormas keagamaan,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar