Politik Pemerintahan

Besok, PKB Serahkan Rekom ke Gus Ipul Maju Pilwali Pasuruan

Surabaya (beritajatim.com) – Majunya mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk running di Pilwali Pasuruan pada 9 Desember 2020 bukan hanya isapan jempol atau sekadar wacana. DPW PKB Jatim memastikan dalam waktu dekat rekomendasi kepada Gus Ipul akan diserahkan.

Beritajatim.com memperoleh kepastian ini dari Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih yang berani blak-blakan.

Apakah sudah confirmed PKB akan menurunkan Gus Ipul di Pilwali Pasuruan? “Sudah,” tegas Hikmah, Selasa (11/8/2020).

Hikmah yang merupakan mantan Ketua Timses Pemenangan Gus Ipul-Puti Soekarno pada Pilgub Jatim 2018 lalu ini juga memastikan bahwa pasangan Gus Ipul nanti adalah Adi Wibowo dari Partai Golkar.

“Yes, memang beliau pasangannya,” tuturnya.

Rekomendasi PKB kepada Gus Ipul-Adi Wibowo dijadwalkan akan diserahkan pada Rabu (12/8/2020) besok.

“Insya Allah Rabu besok Mas diserahkan. Cuma saya belum tahu teknisnya bagaimana. Penyerahan dilakukan secara virtual oleh DPP PKB atau secara langsung melalui DPW PKB Jatim,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hampir pasti akan maju di Pilwali Kota Pasuruan, 9 Desember 2020. Gus Ipul dikabarkan akan diusung oleh koalisi PKB dan Golkar. “Insya Allah Gus Ipul hampir pasti untuk calon wali kotanya. Sekarang masih istikharah untuk pasangan calon wakil walikotanya,” tutur sumber┬áberitajatim.com, Senin (10/8/2020).

Gus Ipul kepada beritajatim.com, Senin (10/8/2020) malam mengatakan, dirinya hingga saat ini belum bisa memberikan jawaban terkait kepastian majunya dirinya di Pilwali Pasuruan. Ini karena Gus Ipul masih belum bertemu secara langsung dengan petinggi PKB dan Partai Golkar serta tokoh agama di Kota Pasuruan.

“Tunggu saja saatnya nanti saya akan berikan jawaban. Saya harus mendengarkan suara beberapa pihak dulu, seperti Pak Abdul Halim Iskandar, Pak Badrut Tamam dan Pak Misbakhun. Saya juga mau mendengar suaranya Gus Idris dan para habaib di Kota Pasuruan,” katanya.

Menurut Gus Ipul, terkait amanah bukan persoalan besar kecilnya posisi atau jabatan, atau juga di mana daerahnya mengabdi. “Bukan soal besar kecilnya, atau mau di sana atau di sini. Tapi saya harus bisa menjelaskan kalau menerima itu apa alasannya. Kalau menolak, juga harus jelas apa alasannya,” tuturnya.

Gus Ipul tidak mengelak jika dirinya telah dihubungi sejumlah pihak untuk berkomunikasi soal Pilwali Kota Pasuruan. “Masih lewat telpon, belum bertemu langsung. Pak Misbakhun Golkar bilang kalau PKB dukung saya, Golkar siap di belakangnya juga. Pak Misbakhun malah bilang 99,99 persen mendukung saya. Ada namanya Pak Adi Wibowo dari Golkar yang diwacanakan akan menjadi pasangan saya. Saya juga belum tahu dan bertemu yang mana orangnya,” ujar Gus Ipul.

Mengenai kabar bahwa mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan maju di Pilwali Kota Pasuruan, Bakal Calon Wali Kota dari PDIP-NasDem-Hanura, Raharto Teno Prasetyo mengaku telah mendengar wacana tersebut.

“Saya mendengar Gus Ipul akan maju. Insya Allah saya siap bertarung (melawan Gus Ipul) dan tidak gentar,” tegas politisi muda PDIP yang akan maju berpasangan dengan Ketua DPD Partai NasDem Kota Pasuruan, Mochammad Hasjim Asjari ini. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar