Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Jadwal Pelantikan Tunggu Putusan Kemendagri

Besok KPU Surabaya Tetapkan Wali Kota – Wakil Wali Kota Terpilih

Eri Cahyadi - Armuji

Surabaya (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memastikan bakal menggelar penetapan paslon terpilih hasil Pilkada 2020 pada hari Jumat (19/2/2021). Hal itu usai telah keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa yang terjadi sesuai dengan PKPU Tahun 2020.

“Kami memilih hari Jumat besok, karena kami juga memerlukan persiapan dari segi kegiatan atau administrasinya,” kata Nur Syamsi saat dikonfirmasi, Kamis (18/02/2021)

Menurut Nur Syamsi, untuk tamu yang hadir sebagai undangan dalam acara penetapan yakni Pimpinan DPRD, pasangan calon, Bawaslu dan partai politik pengusul.

“Karena kami akan menghadirkan banyak pihak, tentu kami harus melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder, termasuk satuan tugas covid-19 Kota Surabaya, untuk melakukan asesmen. Apakah lokasi yang akan kami gunakan untuk acara penetapan dengan kehadiran banyak orang ini, memenuhi syarat atau tidak,” ujarnya.

Ia menegaskan, pihak KPU Kota juga koordinasi dengan pihak terkait lainnya, termasuk Kepolisian untuk mengantisipasi keramaian. Pasalnya, lokasi yang digunakan untuk penetapan ini berada di jalan protokol Basuki Rahmat.

“Jangan sampai kegiatan kami ini mengganggu pihak lain,” kata Nur Syamsi.

Kendati demikian, menurutnya dengan putusan MK maka yang sudah keluar, maka seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 yang diselengarakan oleh KPU akan selesai.

“Untuk selanjutnya akan menjadi kewenangan Kemendagri untuk melakukan pelantikan,” pungkas Nur Syamsi. [ifw/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar