Politik Pemerintahan

Bertemu Para Bacabup di Tuban, Ini yang Disampaikan Sekjen PDIP

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai persiapan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 2020, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban menggelar konsolidasi internal yang diikuti oleh ratusan kader, Senin (9/12/2019).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh para Bakal Calon Bupati (Bacabup) yang telah mendaftar di PDIP tersebut langsung diberikan pengarahan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Dalam kesempatan itu, Hasto mengungkapkan Tuban menjadi salah satu daerah prioritas kemenangan PDIP pada Pilkada serentak 2020.

Sekjen PDIP juga menjelaskan terkait kedatangannya ke Tuban untuk konsolidasi internal partai menjelang Pilkada 2020. Karena Kabupaten Tuban menjadi salah satu daerah prioritas untuk dimenangkan partai belambang banteng tersebut.

“Tuban menjadi bagian prioritas untuk kami menangkan, makanya kita lakukan rekrutmen (Bacabup) secara terbuka. Pilkada merupakan momentum untuk membuktikan bahwa mekanisme kelembagaan partai dalam menyiapkan pemimpin semakin baik dan terus diperbarui,” terang Hasto.

Hasto menambahkan, setiap bakal calon harus mengikuti psikotes dan kemudian sekolah para calon kepala daerah. Hal itu disiapkan untuk mematangkan aspek-aspek kepemimpinan calon untuk membawa harapan perubahan. Juga mengambil inti sari dari daerah-daerah lain serta memahami politik anggaran yang tujuannya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan berkeadilan.

“Itulah yang menjadi komitmen PDI-P, maka kami siapkan (calon kepala daerah) dengan baik,” sambungnya.

Guna untuk memilih dan memberikan rekomendasi terhadap para Bacabup yang telah mendaftar, saat ini PDIP telah menyiapkan lembaga survein guna mengetahui siapa calon yang layak. Sejumlah nama calon yang mengikuti penjaringan akan disurvei, sebelum kemudian diputuskan sebagai penerima rekomendasi.

“Para kandidat akan dievaluasi, kemudian dilakukan survei. Selesainya pada 20 Desember 2019. Awal Januari sudah muncul rekomendasi. Sebagai target kita ingin mencalonkan bupati, tetapi yang menentukan adalah rakyat. Maka nanti kita lihat dulu,” tegasnya.

Sementara itu, persiapan untuk pelaksanaan Pilkada 2020, PDIP merupakan partai pertama di Tuban yang telah membuka penjaringan. Ada 18 nama yang resmi mendaftar sebagai Bacabup dan Bacawabup di partai itu. Diantaranya, Adi Widodo, Ketua Arus Bawah Jokowi (ABJ) Eko Wahyudi, Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhanuddin, Kepala Dinas ESDM Jatim Setiadjit, Ketua Karang Taruna Jatim Agus Maimun. Kemudian juga putra Bupati Tuban H. Fathul Huda, Fredy Ardlian Syah, serta para calon lainnya. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar