Politik Pemerintahan

Bertemu DPRD, Bupati Jember akan Koreksi KUA-PPAS APBD

Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Firjaun Barlaman bertemu pimpinan DPRD Jember, di gedung parlemen, Senin (8/3/2021)

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman bertemu dengan pimpinan DPRD Jember, Jawa Timur, di gedung parlemen, Senin (8/3/2021). Mereka mulai membicarakan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2021.

“Sekarang rapat pertama dengan teman-teman DPRD. Alhamdulillah, kami membahas KUA-PPAS. Ada sedikit koreksi, kami akan koreksi,” kata Hendy, kepada wartawan usai pertemuan.

Baca Juga:

    Hendy akan segera mengoreksinya. “Besok lusa kami akan ajukan kembali dan langsung kami ajukan pembahasan APBD,” jelasnya. Sembari menanti selesainya pembahasan APBD 2021, Hendy akan menandatangani peraturan kepala daerah anggaran mendahului kas agar aparatur sipil negara bisa menerima gaji.

    Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, pembahasan mengenai percepatan pembuatan dan pengesahan APBD 2021. “Ada beberapa opsi dan skenario, terutama masalah APBD, gaji ASN dan non ASN serta tenaga honorer lain, dan belanja mendesak,” katanya.

    Berdasarkan simulasi lini masa jadwal, menurut Halim, jika KUA-PPAS dan surat bupati masuk ke meja pimpinan Dewan, maka diperkirakan minggu depan sudah bisa dilakukan sidang-sidang pembahasan. “Kami asumsikan 15 hari dan 21 hari,” katanya.

    Halim menegaskan, parlemen memberikan masukan terkait KUA-PPAS tersebut. “Kemudian menelaah. Begitu juga sebaliknya. Akhirnya ada semacam simbiosis, atau istilahnya nasihat atau pun arahan bagaimana proses APND selesai,” katanya.

    “Karena ini menyangkut visi bupati, wajib visi-misi tersebut masuk dalam APBD. Tiga program prioritas akan dilaksanakan tahun ini, sehingga konsekuensinya anggarannya juga dinaikkan. Misalkan untuk perbaikan jalan, PJU (Penerangan Jalan Umum), gaji honorer guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap,” kata Halim. [wir/suf]



    Apa Reaksi Anda?

    Komentar