Politik Pemerintahan

Berkas Tersangka Politik Uang Pilkada Jember Diserahkan ke Kejaksaan

Jember (beritajatim.com) – Berkas tersangka politik uang dalam pemilihan kepala daerah diserahkan oleh Kepolisian Resor dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, ke Kejaksaan Negeri, Jumat (4/12/2020).

Tersangka berinisial A ini ditangkap dalam dugaan politik uang di Kecamatan Bangsalsari. Sebelumnya, perkara itu dilimpahkan di kepolisian pada 23 November 2020.

“Ancaman hukumannya, minimal hukuman kurungan 36 bulan dan maksimal 72 bulan,” kata Dwi Endah Prasetyowati, komisioner Bawaslu Jember.

Sementara itu, perkara dugaan politik uang via media sosial sudah dihentikan penanganannya di Sentra Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu). “Kami tak bisa teruskan karena ada beberapa unsur tak terpenuhi dan pelapornya juga tidak memenuhi panggilan klarifikasi,” kata Endah.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Jember Agus Budiarjo mengatakan, pihaknya segera meneruskan perkara ke Pengadilan Negeri Jember. “Kami diberi waktu undang-undang tiga hari. Selasa paling tidak sudah bisa dilimpahkan ke pengadilan,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar