Politik Pemerintahan

Berikut OPD di Pemkab Bojonegoro yang Dirampingkan

Suasana rapat paripurna pembahasan enam raperda di DPRD Bojonegoro

Bojonegoro (beriajatim.com) – Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro bersama dengan Tim Eksekutif yakni Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bojonegoro telah menyepakati Raperda tentang perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kaupaten Bojonegoro.

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dirampingkan diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan digabung dengan Dinas Pertanian. Sehingga menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tipe A yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pangan dan urusan pemerintahan bidang pertanian.

Selain itu, Dinas Perdagangan juga mengalami perampingan yang akan digabung dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sehingga menjadi Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Tipe A yang menyelenggarakan urusan pemerintah bidang perdagangan dan urusan pemerintahan bidang koperasi, usaha kecil dan menengah.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) 1 DPRD Kabupaten Bojonegoro Miftakhul Huda mengatakan, selain perampingan empat OPD menjadi dua OPD itu, juga ada perubahan dalam perda tersebut, yakni urusan persampahan sesuai dengan UU23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, merupakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan tata ruang.

“Sehingga dalam urusan infrastruktur persampahan dimasukkan dalam tusi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya. Sedangkan operasional persampahan dalam tusi Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya, Selasa (9/6/2020).

Menurut Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, proses pengesahan perubahan peraturan daerah itu sesuai peraturan perundang-undangan selanjutnya dikirim ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa untuk disetujui dan disahkan. Pihaknya juga memberi apresiasi terhadap kinerja legislatif dalam penyusunan perda tersebut. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar