Politik Pemerintahan

Beredar Video Pemuda Bagi-bagi Uang Depan TPS saat Coblosan Pilkada Tuban, Petugas Amankan Pelaku

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah video dengan durasi 17 detik yang menggambarkan aktivitas seorang pemuda yang membagikan uang di depan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban beredar viral di media sosial, Rabu (9/12/2020).

Video viral yang menggambarkan proses bagi-bagi uang dan meminta untuk memilih salah satu pasangan calon yanh dilakukan di depan TPS tersebut kemudian langsung ditindaklanjuti oleh Bawaslu. Kini pelaku yang terlibat dalam video tersebut sudah diamankan di sentra Gakumdu Polres Tuban itu proses penyelidikan lebih lanjut.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, video viral bagi-bagi uang di depan TPS 5 Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Tuban itu dilakukan oleh seorang pemuda dengan cara duduk di depan TPS. Kemudian pemuda tersebut memberikan uang dengan nominal pecahan Rp 100 ribu.

Dalam video yang terbilang pendek itu, pemuda yang menggunakan kaos dengan celana pendek tersebut kemudian memberikan uang kepada beberapa orang yang datang. Selanjutnya pemuda yang memberikan uang sembari bilang kepada penerima uang untuk memilih salah satu pasangan yang ada dalam Pilkada Tuban 2020 ini.

Menangapi beredarnya video viral tersebut, pihak Bawaslu Kabupaten Tuban langsung dengan cepat melakukan pengusutan dengan langsung turun ke lapangan. Pihak Bawaslu bersama dengan Polisi akhirnya langsung berhasil mengamankan mereka yang berada di dalam video viral dengan membagikan uang di depan TPS.

“Tadi kita mendapatkan informasi melalui group WA, kemudian kita langsung bergerak cepat. Sementara itu kita langsung melakukan pengamanan terhadap yang bersangkutan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” terang Sulamul Hadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban setelah mengamankan pemuda dalam video viral tersebut.

Sementara itu, dalam proses penyelidikan lebih lanjut sedikit tiga orang yang terlihat dalam video viral bagi-bagi uang di depan TPS tersebut sudah diamankan di Mapolres Tuban untuk menjalani pemeriksaan lebih dalam. Dari tiga orang yang sudah diamankan itu, satu diantaranya merupakan ibu-ibu yang juga terlihat dalam video tersebut.

“Mereka kita pengamanan karena apa yang mereka lakukan itu ada pihak yang merasa dirugikan. Sehinggan situasi ini harus kita tangani, untuk melakukan klarifikasi. Sementara ini masih dalam status dugaan melakukan pelanggaran undang-undang. Kita masih belum bisa simpulkan,” tambahnya.[mut]



Apa Reaksi Anda?

Komentar