Politik Pemerintahan

Beredar, Rekom PAN untuk Hendy Siswanto Jadi Cabup Jember

Jember (beritajatim.com) – Sebuah foto surat rekomendasi nama calon bupati di pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, berkop surat Partai Amanat Nasional beredar di kalangan wartawan, Jumat (6/3/2020).

Surat itu ditandatangani Viva Yoga Mauladi dan Yandri Susanto dari Tim Pilkada Pusat Dewan Pimpinan Pusat PAN tertanggal 7 Februari 2020. Di sana disebutkan, Tim Pilkada Pusat menyetujui dan merekomendasikan Hendy Siswanto sebagai calon bupati Jember 2021-2026. Persetujuan terhadap Hendy ini salah satunya didasarkan pada hasil verifikasi, validasi, dan akurasi serta menilai hasil lembaga survei independen untuk pemenangan pilkada tahun 2020.

Tim Pilkada Pusat menugasi Hendy untuk melakukan tiga hal. Pertama, mencari pasangan sebagai calon bupati Jember. Kedua, mendapatkan koalisi partai politik lain untuk memenuhi persyaratan pencalonan dalam pilkada. Ketiga, berkomunikasi intensif dengan dewan pimpinan wilayah, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang, dan dewan pimpinan ranting PAN untuk menggerakkan mesin partai dan membuat program pemenangan pilkada.

Menanggapi surat itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah PAN Jember Lilik Niamah mengatakan, surat yang beredar itu sebelum kongres. Itu surat rekom dari Tim Pemenangan Pilkada untuk mencari pasangan calon wakil bupati. “Kenapa Haji Hendy? Ya itu komunikasi beliau dengan DPP. Tapi surat itu sekadar rekom mencari pasangan,” katanya.

Surat itu masih akan dievaluasi. “Pasangannya siapa, koalisi siapa, baru akan mendapat surat keputusan. Hari ini baru surat tugas mencari pasangan. Karena itu surat tugas, belum resmi jadi SK, maka yang tanda tangan bukan ketua dan sekretaris. Sekretaris DPP pasca kongres kan belum tahu hari ini,” kata Lilik.

Lilik mengingatkan, bahwa DPD PAN Jember baru membuka pendaftaran calon bupati pada 19 Februari 2020. Semua calon bupati masih akan melakukan presentasi di hadapan pengurus PAN di Jember. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar