Politik Pemerintahan

Berbagai Anggaran Direalokasikan Untuk Penanganan Covid-19

Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Ponorogo Agus Pramono(foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo akhirnya menganggarkan Rp 31 miliar untuk penanggulangan Covid-19 di bumi reyog. Dari jumlah tersebut, sekitar Rp 12 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan anggaran lain dari pemerintah pusat terkait dengan urusan ekonomi dan kesehatan. Sementara sisanya dari realokasi berbagai belanja barang maupun kegiatan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). “Anggaran penanggulangan Covid-19 ini sudah kami usulkan ke Pemerintah Pusat,” kata Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Ponorogo Agus Pramono, Selasa (21/4/2020).

Agus menyebut perjalanan dinas direalokasikan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), sebanyak 25 persen. Jumlah tersebut belum termasuk realokasi dari berbagai kegiatan dan belanja barang lainnya yang masih bisa ditunda. Dia mencontohkan penundaan pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) baru. “Ya sementara diperbaiki dulu mobil damkar yang ada,” katanya.

Agus menambahkan salah satu anggaran yang tidak dilakukan realokasi adalah dana pilkada. Sebab, Pemerintah Pusat menghimbau untuk tidak mengurangi dana hibah yang telah diberikan kepada KPU dan Bawaslu. Terlebih lagi, akhir-akhir ini Pemerintah Pusat sudah mempersiapkan tanggal baru pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 Desember tahun ini. “Petunjuk dari Pemerintah Pusat untuk tidak merealokasi dana hibah Pilkada,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar