Politik Pemerintahan

Belum Selesaikan LPJ, Belasan Desa di Sampang Terancam Tak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 3

Kantor DPMD Kabupaten Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Sebanyak 15 desa di Kabupaten Sampang terancam tidak dapat mencairkan Dana Desa (DD) tahap ke tiga atau terakhir di tahun 2019. Pasalnya, 15 desa tersebut belum menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) tahap dua.

“Desa yang belum menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) tahap dua, maka tidak bisa mencairkan yang ketiga,” terang Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Suhanto, Sabtu (30/11/2019).

Lebih lanjut Suhanto menjelaskan, laporan pertanggungjawaban DD tahap kedua menjadi syarat wajib pada pengajuan proses pencairan DD selanjutnya. Pihaknya mengaku sudah ada percepatan supaya DD tahap akhir segera cair pada 15 Desember 2019. “Kami sudah memotivasi kepada masing-masing desa untuk menyelesaikan laporan pertanggungjawaban DD tahap kedua itu, karena sebagai syarat mutlak,” ujarnya.

Suhanto meminta kepada setiap kepala desa agar laporan pertanggungjawaban DD tahap dua tidak melampaui akhir tahun anggaran. “Jika melewati tahun anggaran, maka DD akan menjadi silpa kabupaten atau kas daerah,” tandasnya.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar