Politik Pemerintahan

Belum Genap Sebulan Beroperasi, Jalan Ring Road Tuban Sudah Mulai Rusak

Kondisi Aspal jalan yang terkelupas dan bergelombang di jalur Ring Road, Desa Prunggahan Kulon, Kec Semanding, Tuban.[foto : M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Setelah secara resmi dibuka sejak tanggal 5 Juli 2021 lalu dan sudah dilalui kendaraan besar seperti truk bermuatan berat berbagai jenis, kondisi Jalur Lingkar Selatan (JLS) atau Ring Road Kabupaten Tuban sudah mulai mengalami kerusakan parah, Jumat (23/7/2021).

Keruskan jalan Ring Road Tuban itu sudah terjadi sejak beberapa hari terkahir dan kondisi saat ini semakin parah. Diduga kerusakan jalan itu akibat banyaknya kendaraan besar yang lewat dan kondisi aspal jalan yang tidak kuat saat dilewati kendaraan dengan beban puluhan ton itu.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kerusakan parah jalur Rind Road Tuban itu terjadi di perempatan Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Yang mana kondisi jalan mulai berlubang dengan panjang sekitar 3 meter lebih dan juga membuat gundukan yang bisa membahayakan bagi pendara jalan.

“Mingggu kemarin masih belum terlalu parah. Sekarang kondisinya sudah berlubang dan gundakan semakin tinggi,” ujar Imron (28), pemuda asal Kecamatan Semanding, Tuban yang sering melintasi jalur Ring Road Tuban itu.

Selain aspal jalannya sudah mulai terkelupas dan tanahnya gerak, di titik lain juga terdapat kondisi jalan yang sudah mulai bergelombang. Titik kerusakan itu berada pada lokasi Ring Road proyek tahap kedua yang dikerjakan pada tahun 2020 kemarin. “Memang sejak kendaraan besar lewat Ring Road, jalannya sudah mulai ada yang bergelombang,” kata Ari, warga lain yang melintas di jalan itu.

Sementara itu, Agung Supriyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tuban saat dikonfirmasi menyatakan bahwa kerusakan jalan di Ring Road Tuban itu masih merupakan tanggungjawab pihak Pemkab Tuban. Sehingga pihak Dinas PU Tuban akan segera melakukan pengecekan terkait dengan kerusakan kondisi jalan ring road itu.

“Masih tanggung jawab kabupaten. Terima kasih infonya, segera kita cek ke lapangan biar segera ditindaklanjuti oleh Bidang Jalan,” kata Agung Supriyadi, Kepada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Tuban saat dikonfirmasi kerusakan jalan ring road itu.

Selain itu, mengenai penyebab kerusakan jalan yang mulai berlubang dan juga aspal jalannya terkelupas itu pihak Dinas PU Tuban masih belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, pihaknya baru akan melakukan pengecekan di lapangan.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar