Politik Pemerintahan

Belum Dapat Izin Polres, Musda Golkar Jember Ditunda

Jember (beritajatim.com) – Musyawarah Daerah Partai Golkar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Hotel Bandung Permai, Minggu (19/7/2020), ditunda. Tertunda gara-gara persoalan teknis.

Hal ini dijelaskan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji. “Menurut laporan panitia, berdasarkan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, acara hanya bisa berlangsung maksimal empat jam. Kalau empat jam kan tidak cukup untuk musda, karena acaranya di tempat umum, di hotel, kecuali acaranya di kantor DPD mungkin ada toleransi bisa lebih lama. Kedua, surat izin dari Polres Jember juga belum keluar,” katanya.

Sarmuji menyarankan agar acara musda digelar di kantor DPD. “Kedua, hal-hal yang krusial bisa diselesaikan di pra musda, sehingga musda itu kami harapkan bisa berlangsung dengan cepat,” katanya.

Beberapa hal krusial itu antara lain terkait dengan verifikasi peserta, pencalonan, dan pemilihan. “Kalau bisa dirembuk sebelum musda. Misalkan berkas verifikasi bisa lebih dulu disetorkan ke steering committee. Verifikasi tuntas. Atau bisa saja disepakati calonnya. Atau bahasan-bahasan mengenai program kerja umum sudah dianggap selesai,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Sarmuji, musda hanya untuk membahas hal-hal yang bersifat formal dan harus dilalui. “Substansi yang bisa dibicarakan di luar musda, kita bicarakan di luar musda,” katanya.

Mengacu di kota lain, rata-rata musda Golkar digelar di kantor dewan pimpinan daerah. “Ada musda di hotel, yaitu di Tuban, tapi tidak sampai empat jam selesai, karena hal-hal yang membutuhkan perhatian serius sudah diselesaikan di luar musda,” kata Sarmuji.

Dalam surat penundaaan resmi yang ditandatanganinya, tidak disebutkan kapan musda akan digelar. “Paling lambat akhir Agustus 2020,” kata Sarmuji. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar