Politik Pemerintahan

Bela Hanura, PKB Minta Rekap Dapil Jember 2 Ditunda

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa meminta kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk menunda rekapitulasi Daerah Pemilihan 2.

Permintaan ini dilontarkan Ayub Junaidi, Sekretaris DPC PKB Jember yang berkapasitas sebagai saksi dalam sidang pleno terbuka rekapitulasi pemilu di Hotel Aston, Senin (29/4/2019). “Saya usulkan kepada KPU agar status persoalan di Dapil 2 diselesaikan dulu. Bagaimana dengan nasib yang menimpa caleg Hanura? Tolong ada kepastian hukum dari KPU dan Bawaslu,” kata Ayub.

“Informasi yang kami dapatkan dari media massa, ada kesalahan pada kertas suara,” kata Ayub. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Surat suara justru mencantumkan nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Ayub menyarankan agar rekapitulasi dilakukan dulu ntuk semua daerah pemilihan selain Dapil 2. “Saya tidak ada kepentingan. Tapi kalau yang menimpa Hanura menimpa kepada kami, kami kan menuntut. Hanura dijamin konstitusi,” katanya.

Akhirnya KPU Jember menyepakati pernyataan Ayub. Semua sepakat menunda rekapitulasi untuk Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Sumberjambe, Ledokombo, Silo, Kalisat. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar