Politik Pemerintahan

Bekas Pasar Kedungmaling Beralih Fungsi

Mojokerto (beritajatim.com) – Bekas lokasi Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto beralih fungsi. Pasca relokasi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Mojokerto berencana mengubah fungsi menjadi sarana rest area.

Lahan seluas 1,5 hektare yang berada di jalan nasional menghubungkan Surabaya-Jombang tersebut akan berubah menjadi rest area atau tempat istirahat bagi pengguna jalan. Pemanfaatan sebagai rest area bukan tanpa alasan karena telah melalui kajian matang.

Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto mengatakan, baik dari segi tata lingkungan hingga letak geografis. “Di situ kan dekat dengan sungai besar dan jalan nasional. Apalagi banyak penumpang bus yang turun di situ. Faktor itu yang kita pertimbangkan,” ungkapnya, Senin (13/5/2019).

Namun, alih fungsi enjadi rest area tak serta merta meninggalkan nilai dan aktivitas di pasar lama. Nantinya juga akan dibangun sentra perdagangan untuk memfasilitasi para pengunjung. Bahkan, tidak sekadar sentra perdagangan biasa tapi juga bisa dibuat untuk wisata keluarga dan wisata sosial.

“Nantinya pengunjung akan disediakan tempat pijat atau juga taman-taman kecil. Nah, nanti kaum disabilitas juga kita fasilitasi untuk mendirikan unit usaha di situ. Namun kami belum bisa menentukan kapan merealisasikan rencana tersebut. Saat ini, Disperindag masih terfokus proyek lain,” katanya.

Yakni pengerjaan tiga proyek besar yang harus tuntas tahun ini. Pembangunan tahap kedua pusat informasi perdagangan (PIP) di Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko serta pembangunan dua pasar rakyat, di Kecamatan Jetis dan Kecamatan Trowulan.

“Mungkin bisa tahun depan. Sementara ini kita selesaikan dulu pembangunan PIP karena ditargetkan rampung tahun ini,” pungkasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar