Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Begini Solusi Masalah Sampah di Ponorogo

Wakil ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno (foto/Dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sampah mulai menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA) Mrican di Kecamatan Jenangan. Sebab, setiap hari ada puluhan ton sampah yang masuk di TPA tersebut. Sementara lahan di TPA Mrican ini juga terbatas. Untuk itu perlu solusi yang kongkrit, supaya permasalahan sampah di bumi reyog ini dapat segera diatasi.
Cahaya harapan solusi dari permasalahan sampah ini nampaknya sudah mulai terlihat. Pihak eksekutif dan legislatif saat ini lagi menggodoknya dalam pembahasan DPRD.

Tempat pembuangan akhir (TPA) ini nantinya bukan hanya di TPA Mrican saja, tetapi bakal diperluas di 5 eks kawedanan di Ponorogo. Jadi nantinya TPA ada di kawedanan Pulung, Arjawinangun, Somoroto Ponorogo dan Jebeng. Rencana tersebut, tertuang dalam draft Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang saat ini menjadi pembahasan di gedung DPRD.

“Salah satu solusi dari persoalan sampah yakni dengan membuka lahan baru,” kata Wakil ketua DPRD Ponorogo, Dwi Agus Prayitno, Rabu (12/2022).

Di Kabupaten Ponorogo, menurutnya ada 4 kawedanan, sehingga akan mengcover sampah di masing-masing wilayah tersebut. Sehingga sampah tidak terpusat di TPA Mrican Kecamatan Jenangan yang lahannya semakin sempit. Untuk diketahui, luas lahan TPA Mrican hanya 1,2 hektare, padahal sampah setiap hari yang masuk puluhan ton.

“Yang harus dipahami, TPA di kawedanan ini nantinya bukan hanya sebagai tempat pembuangan akhir, namun sebagai pengolahan sampah agar menjadi nilai ekonomi,” katanya.

Sebab, kata Dwi jika nantinya TPA di kawedanan itu seperti di Mrican, permasalahan yang ada saat ini juga akan terulang. Sehingga eksekutif harus punya solusi untuk pengolahan sampah, agar masyarakat yang nanti terdampak TPA, tidak mengalami kerugian. Misalnya harga tanah yang dibeli sekitar TPA harus tidak mengalami penurunan.

“Selain itu, TPA jangan sampai limbahnya mencemari aliran sungai di sekitarnya,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar