Politik Pemerintahan

Begini Review 5 Aplikasi Layanan Masyarakat yang Diluncurkan Pemkab Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES), melaunching 5 aplikasi layanan masyarakat saat acara Pasamuan Agung pada Peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-452 di Pendopo Lokatantra, Rabu (26/5/2021). Hal itu dilakukan demi menghadirkan pemerintahan yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Banyak perubahan-perubahan yang terjadi belakangan ini, baik perubahan perilaku bahkan pandemi, yang mengharuskan Pemerintah mengikuti perkembangan tersebut. Kita dituntut menjadi lebih aspiratif dan adaptif, sehingga mampu hadir di tengah masyarakat lebih dekat. Oleh karena itu, Pemkab Lamongan melakukan digitalisasi pemerintahan dengan meluncurkan 5 aplikasi yang memudahkan layanan kepada masyarakat, yakni Digital Signature (Tanda Tangan Elektronik), Program 3 in 1, i-Lamongan, SIPPOMA, dan Lapor Pak,” ungkap Bupati YES.

Mengenai Digital Signature, Bupati YES menjelaskan, saat ini terdapat beberapa OPD yang telah menggunakan Digital Signature itu, salah satunya yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sedangkan untuk melakukan proses perijinan penandatanganannya, bisa dilakukan secara digital sehingga tidak perlu menunggu atau tandatangan basah.

Tak kalah menarik dengan Digital Signature, Program 3 in 1 yang dikeluarkan oleh Disdukcapil juga sangat membantu, di antaranya bagi masyarakat yang melahirkan di Rumah Sakit ataupun Puskesmas, saat pulang mereka akan mendapat dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga Baru, Akta Anak, dan Kartu Induk Anak (KIA).

Sementara itu, kehadiran i-Lamongan yang merupakan aplikasi dari Perpustakaan Daerah Lamongan juga membawa angin segar. Pasalnya, aplikasi itu menyajikan perpustakaan Lamongan secara digital, sehingga masyarakat bisa mengakses dan membaca buku hanya dengan di rumah saja. Lebih lanjut, Aplikasi ini bisa didownload secara gratis baik melalui Google play maupun Appstore serta di desktop melalui alamat http://ilamongan.moco.co.id/.

Aplikasi berikutnya adalah SIPPOMA (Solusi Pelayanan Publik Berbasis Online dan Mandiri) dari DPMPTSP. Kehadirannya memberikan solusi bagi masyarakat dan dunia usaha dalam melakukan proses pelayanan perijinan yang cepat, mudah, transparan, serta professional. Melalui Aplikasi ini, Pengaju Perijinan bisa memantau dari rumah sampai mana proses perijinannya, apa saja yang kurang dan yang perlu dilengkapi.

Terakhir dan yang tak kalah canggih, yakni LAPOR PAK (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat), yang merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat. Memiliki motto “Berani Lapor untuk pelayanan publik yang lebih baik”. Melalui aplikasi ini semua keluhan dari masyarakat bisa disampaikan, ditanggapi dan ditindaklanjuti secara cepat oleh Pemerintah Daerah.

“Harapannya, ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan dapat memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, memberikan kemudahan, dan memperbaiki kualitas pelayanan,” harap YES.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar