Politik Pemerintahan

Begini Rencana Upacara Peringatan HUT ke-75 RI di Ponorogo

Rencana lokasi upacara peringatan HUT ke-75 RI, Pemkab Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono).

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada hal berbeda dalam kegiatan peringatan HUT ke-75 RI nanti di Ponorogo. Lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19, rangkaian acara dipersingkat dan jumlah peserta pun terbatas.

“Jumlah panitia dan peserta untuk tahun ini dikurangi. Sebab masih di masa pandemi, mencegah rantai penularan Covid-19,” kata Sekda Agus Pramono, Kamis (13/8/2020).

Pada tanggal 17 Agustus nanti, kata Agus akan ada tiga acara. Pertama upacara pengibaran bendera tepat pukul 07.00. WIB. Pada upacara ini hanya diikuti oleh internal Pemkab. Perwakilan dari TNI dan Polri pun dibatasi, yakni masing-masing 10 orang. Pasukan pengibar bendera (paskibra) pun tidak seperti biasanya. Kali ini hanya tiga orang, hanya bertuhas mengibarkan bendera.

“Paskibranya hanya 3 orang, tidak banyak seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Pada upacara tersebut, Bapak Bupati yang bertindak sebagai inspektur upacara. Setelah upacara selesai, pada acara kedua, seluruh anggota forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) menyaksikan upacara peringatan detik-detik kemerdekaan RI melalui telekonferensi video.

“Acara menyaksikan upacara peringatan detik-detik kemerdekaan RI itu dilaksanakan di pringgitan,” katanya.

Kemudian acara ke tiga adalah upacara penurunan bendera. Kali ini yang didapuk menjadi inspektur upacara adalah Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis. Sedangkan, untuk Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Sigit Sugiharto, kata Agus bertugas memimpin renungan suci.

“Karena masa pandemi, khusus tahun ini tidak ada acara resepsi kenegaraan,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar