Politik Pemerintahan

Begini Kata Menteri Polstrat BEM FISIP Unair Soal Golput

Surabaya (beritajatim.com) – Menyikapi maraknya isu golput yang mendekati pemilu 17 April, Menteri Politik dan Strategi BEM FISIP Universitas Airlangga (Unair), Elni Nainggolan menyuarakan pendapatanya mengenai hal itu. Menurutnya, wacana golput itu termasuk hal politis.

Saat dihubungi, Elni menyatakan jika golput itu salah satu tindakan politis karena mau atau tidak bisa menurunkan tren dan mempengaruhi hasil saat pemilihan umum. Hal ini dia sampaikan dari hasil diskusi BAKAR SINTE yang bertemakan ‘Mahasiswa Memilih Golput’ yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Unair pada Rabu, (20/3/2019).

Dalam diskusi tersebut, selain diisi mahasiswa, hadir juga dosen Ilmu Politik Universitas Airlangga yakni Ali Sahab. “Sebagai salah satu pembicaraan maraknya wacana dan isu golput ini perlu ditekan. Mahasiswa harus berpartisipasi dengan memilih,” tutur Ali.

Berbeda dengan Arul, salah satu pembicara dari mahasiswa jurusan Ilmu Politik ini justru menggarisbawahi adanya fenomena golput. Menurutnya, kebebasan untuk tidak memilih alias golput patut diperhatikan dan sah. Karena seringkali alasan dari golput itu sendiri hadir dari kampanye-kampanye hitam yang tidak menjual program kerja.

Diskusi yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Unair ini ialah agenda rutin yang rencananya akan dilaksanakan sesuai dengan tema-tema nasional/internasional yang sedang trending. Acara ini juga wadah untuk menghidupkan nafas diskusi dan pemikiran-pemikiran kirits pada mahasiswa yang mulai redup di beberapa kampus. [juf/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar