Politik Pemerintahan

Begaganlimo, Desa di Mojokerto Dibentuk Jadi Desa Tangguh Bencana

Mojokerto (beritajatim.com) – Desa Begaganlimo di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dibentuk sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) karena Desa Begaganlimo
merupakan daerah yang rawan bencana. Pembentukan Destana di Balai Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dengan melibatkan sejumlah pihak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, tujuan pembentukan destana diharapkan agar masyarakat desa yang tinggal di kawasan rawan bencana bisa terlindungi dari dampak merugikan karena kejadian bencana yang menimpa wilayahnya.

“Yakni dengan memberikan edukasi serta meningkatkan peran serta masyarakat agar paham terhadap ancaman yang timbul di desanya serta kegiatan diskusi untuk mencari solusi guna mengurangi resiko bencana. Minimal dengan ketangguhan yang dimiliki dapat menghindar dari dampak bencana,” ungkapnya, Jumat (13/3/2020).

Masih kata Zaini, minimal dapat menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orang lain. Desa Begaganlimo dibentuk sebagai destana karena Desa Begaganlimo merupakan daerah yang rawan dari pergerakan tanah, banjir dan longsor (bansor) serta ancaman bencana lainnya. Seperti angin kencang, kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

“Desa Begaganlimo, Desa Dilem dan Desa Kalikartir pernah terdampak bansor serta kondisi lingkungan perlu perhatian khusus. Dalam kegiatan ini, narasumber yang didatangkan dari selain dari BPBD Kabupaten Mojokerto, juga BPBD Provinsi Jawa Timur dan RS Gatoel dengan peserta dari berbagai kalangan,” jelasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar