Politik Pemerintahan

Bawaslu Tuban Petakan Kerawanan Pemilu, Money Politik Salah Satunya

Tuban (beritajatim.com) – Semakin mendekati pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal menghitung hari, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban telah menggelar sosialisasi pengawasan dan penandatanganan Komitmen Bersama Pemilu yang aman, damai dan berkualitas.

Sosialisasi Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Tuban itu melibatkan jajaran Pemkab Tuban, Polres Tuban, Kodim 0811, KPU Tuban dan semua jajaran Forkopimka di Kabupaten Tuban. Dalam sosialisasi itu salah satu tujuannya membuat pemetaan kerawanan saat Pemilu 2019 nanti, Jumat (12/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Sulamul Hadi, Ketua Bawaslu Tuban menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang melibatkan para pihak yang berkompeten dalam pelaksanaan Pemilu adalah untuk menyatukan persepsi dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Selain itu adalah untuk melihat sejuah mana persiapan semua tahapan menjelang Pilpres dan Pileg 2019.

“Tujuannya dengan kegiatan ini yang pertama adalah bisa memastikan kesiapan masing-masing lembaga dalam pelaksanaan tahapan. Termasuk TNI, Polri, KPU dan juga Bawaslu sendiri,” terang Sulamul Hadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban.

Selain untuk memastikan kesiapan dalam setiap tahapan, pihak Bawaslu Tuban juga menegaskan akan secara maksimal dalam melakukan pengawasan Pemilu 17 April nanti. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab kekhawatiran yang di sampaikan peserta pemilu tentang adanya kecurangan dengan pemindahan suara.

“Tidak ada hal-hal yang perlu dikawatirkan seperti mutasi suara di Tuban, Insya Allah hasil nanti bisa dipertanggung jawabkan,” ungkap Sulamul Hadi setelah kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Fave Hotel Tuban itu.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan oleh Bawaslu Tuban memang terdapat beberapa kerawanan pelangaran baik jelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang bersamaan itu. Adapun pelanggaran yang paling diantisipasi oleh Bawaslu Tuban adalah adanya money politic jelang pemilihan atau pencoblosan.

“Kami dalam hal ini Bawaslu, KPU, telah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, kalaupun nantinya ada atau ditemukan money politic kami berharap masyarakat segera melaporkan kepada kami,” pungkasnya.

Selain itu dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019, Bawaslu Tuban telah memaksimalkan semua anggotanya hingga tingkat desa lantaran diakui Pemilu kali ini merupakan pemilu pengabungan pertama kali maka perlu adanya pengawasan ekstra. Sehingga nanti keberadaan pengawas pemilu bukan hanya sekedar mengawasi tapi menjadi bagian dari susksesnya pelaksaaan pesta demokrasi.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar