Politik Pemerintahan

Bawaslu Sampang Turunkan APK Pemilu

Sampang (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang, menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK), yang terpasang menyalahi aturan.

Yunus, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu mengataka, bahwa sebelumnya pihaknya telah melakukan penertiban APK pemilu sebanyak lima kali.

Hal itu menunjukkan bahwa peserta pemilu kurang mentaati aturan yang berlaku. Sebab, masih tetap memasang APK di tempat yang dilarang.

“Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi kepada peserta pemilu terkait pemasangan APK agar merujuk pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 tahun 2017 atas perubahan Perbup Nomor 61 tahun 2015 tentang pemasangan reklame dan PKPU,” ucapnya, Jum’at (22/3/2019).

Bahkan sebelum dilakukan penertiban pihaknya menyurati empat peserta pemilu yang memasang APK liar diantaranya PDI-P, PKS, Timses Capres nomor urut 1 dan 2 sesuai dengan PKPU nomor 23 Tahun 2018 agar diturunkan sendiri dalam waktu 1×24 jam namun hingga dilakukan penertiban tidak kunjung dilakukan.

Sasaran penertiban APK tersebut diantara yang dipaku pada pohon, menempel pada tiang listrik, pada rambu lalu lintas dan melintang di Jalan Raya.

Dari hasil penertiban tersebut, Bawaslu dan Satpol PP berhasil mengamankan sebanyak 208 Alat Peraga Kampanye dan juga 20 Bendera yang diletakkan di tempat yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.[sar/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar