Politik Pemerintahan

Bawaslu Sampang Temukan Dua WNA Masuk DPT

Sampang (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Madura, menemukan dua Warga Negara Asing (WNA) masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Sampang, Insiatun menjelaskan, ada tujuh WNA yang ditemukan menyebar di Kecamatan Omben, Sreseh, Jrengik dan Camplong. Satu orang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bernama Nouf Ahmed Alqithmi WNA Jeddah Arab Saudi dan enam orang memilik Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Pihaknya dapat membenarkan usai melakukan verifikasi data WNA tersebut dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat. “Ada dua orang yang sempat masuk DPT Pemilu 2019. Salah satunya WNA yang sudah punya KTP elektronik,” terangya, Jumat (8/3/2019).

Bawaslu mengaku, dua WNA yang masuk DPT Pemilu 2019 adalah bersaudara. Namun, sudah dipastikan dicoret dan diberi tanda oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang. “Panwascam Omben melakukan verifikasi faktual dan memastikan dua WNA sudah pulang ke Arab Saudi dua bulan lalu,” imbuhnya.

WNA yang diduga masuk list DPT ditindaklajuti Bawaslu Sampang, berasal dari Jeddah Arab Saudi, Malaysia, India dan Banglades. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar