Politik Pemerintahan

Bawaslu Ponorogo Temukan 2 Calon PPK Diduga Pengurus Parpol

Divisi Pengawasan Bawaslu Ponorogo Juwaini. [Foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Bawaslu Ponorogo menemukan 2 calon PPK yang terindikasi sebagai pengurus partai politik (parpol). Hal itu menyusul adanya perekrutan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh KPU setempat. Temuan itu didapat saat Bawaslu Ponorogo mendapatkan data hasil seleksi tulis dari KPUD Ponorogo pada Senin (3/2/2020).

“Setelah kami kaji, calon PPK yang masuk 10 besar di setiap kecamatan ini, 2 calon PPK merupakan pengurus parpol,” kata Divisi Pengawasan Bawaslu Ponorogo Juwaini, Jumat (7/2/2020).

Juwaini menjelaskan, dua calon PPK yang terindikasi pengurus parpol ini berasal dari Kecamatan Ngrayun. Yang bersangkutan masih menjabat sebagai pengurus partai tingkat kecamatan. Bawaslu Ponorogo, kata Juwaini, sudah melayangkan surat ke KPU Ponorogo tentang masalah ini. “KPUD sudah kami ingatkan lewat surat tersebut, semoga nanti ditindak lanjuti,” katanya.

Juwaini mengungkapkan, KPU Ponorogo masih bisa menggugurkan calon PPK yang terindikasi pengurus parpol tersebut. Pasalnya ada tahapan lagi sebelum ditetapkan sebagai PPK. Ke depan, pihaknya berharap KPUD Ponorogo lebih selektif dalam proses seleksi administrasi.

Sebab setelah perekrutan PPK, KPUD Ponorogo juga akan melakukan rekruitmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Harapannya semua penyelenggara pemilu ini steril dari kepentingan partai politik,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar