Politik Pemerintahan

Bawaslu Ponorogo Segera Naikkan Unggahan Dugaan Pelanggaran di Medsos Menjadi Temuan

Ketua Bawaslu Ponorogo Muh Syaifuloh

Ponorogo (beritajatim.com) – Investigasi atas unggahan di media sosial oleh salah satu caleg di Ponorogo yang disebut sebagai dugaan pelanggaran pemilu masih akan terus dilakukan. Bawaslu masih membahas hal ini dalam Sentra Gakkumdu dan akan dinaikkan menjadi temuan.

Ketua Bawaslu Ponorogo Muh Sayifuloh mengatakan, pembahasan oleh Gakkumdu nanti akan menjadi pertimbangan apakah temuan tersebut bisa naik statusnya menjadi kasus pidana pelanggaran pemilu atau tidak.

“Bersama pihak kepolisian (Polres Ponorogo) dan kejaksaan (Kejaksaan Negeri Ponorogo) masih kami bahas soal unsur-unsur dalam unggahan yang berisi dugaan pelanggaran pidana pemilu itu. Kalau unsurnya memenuhi ya jelas lanjut,” ujarnya usai menemui sejumlah pengunjuk rasa yang mendatangi kantornya, Senin (7/1/2019).

Dugaan pelanggaran tersebut diawali oleh unggahan dari akun milik caleg Partai Perindo di dapil 6 Ponorogo Sutyas Hadi Riyanto. Dalam foto undangan yang diposting terdapat acara penyerahan reyog. Ada pula foto blangko tentang prediksi perolehan suara. Keduanya untuk acara dan perolehan suara bagi caleg di dapil 6 (Sampung, Sukorejo dan Kauman) dari Partai Nasdem atas nama Sunarto.

Syaifuloh mengatakan, Kamis (3/1/2019) lalu pihaknya sudah mendatangkan beberapa orang yang terkait dengan persoalan ini. Mereka adalah Sunarto sebagai orang yang disebut namanya dalam undangan, Lilik Andriani yang merupakan pembuat undangan sekaligus pemilik rumah dalam alamat undangan dan Sutyas sebagai pengunggah foto dan keterangan. “Hasilnya masih dalam pembahasan. Kami masih membicarakan di Sentra Gakkumdu,” katanya.

Syaifuloh belum menyebut reyog yang disebut-sebut sebagai bantuan dari hasil serap aspirasi saat para anggota DPRD melakukan kegiatan reses sebagai penggunaan APBD untuk berkampanye. Karenanya, mantan komisioner KPU Ponorogo ini menyatakan belum ada laporan terkait penggunaan APBD oleh caleg untuk berkampanye. [dil/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar