Politik Pemerintahan

Bawaslu Pamekasan Sosialisasikan Kampanye Media

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, menggelar sosialisasi pengaturan kampanye media dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2019 di Auditorium Hotel PKP-RI, Jl Kemuning, Kamis (24/1/2019).

Sosialisasi tersebut dikemas dengan program Sosialisasi Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye yang diberlakukan selama 21 hari kedepan. Terhitung sejak Minggu (24/3/2019) hingga Sabtu (13/4/2019) mendatang.

“Sosialisasi ini fokus pada pembahasan iklan kampanye, yakni penyampaian kampanye melalui media. Baik media cetak, elektronik, online, media sosial hingga lembaga penyiaran,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga Bawaslu Pamekasan, Khotim Ubaidillah.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mensosialisasikan berbagai regulasi yang berhubungan dengan kampanye di media massa. Mulai dari Undang-Undang Republik Indonesia, Peraturan KPU hingga Surat Keputusan.

“Iklan kampanye di media massa bagi para calon legislatif meliputi berbagai macam jenis, baik melalui media televisi, radio, media cetak, daring dan media sosial (medsos). Tentunya mengacu pada regulasi dan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

Di hadapan para pimpinan partai politik (parpol), panwascam se kecamatan hingga sejumlah wartawan. Pria yang akrab disapa Ubaid menjelaskan juga sempat menemukan caleg yang diduga menyalahir aturan melalui media massa.

“Ada dua caleg yang kini diproses di Bawaslu Jatim, karena diduga menyalahi masa kampanye di media massa. Bawaslu Kabupaten Pamekasan yang menemukan, Bawaslu Jatim yang menyidang,” jelasnya.

Dari itu pihaknya menyampaikan agar regulasi tentang pengawasan kampanye media diperhatikan. “Jadi seperti yang kami sampaikan, pelaksanaan kampanye melalui media massa berlangsung selama 21 hari, mohon agar dijadikan atensi,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar