Politik Pemerintahan

Bawaslu Pamekasan Klaim Rutin Lakukan Pengawasan

Salah satu petugas Bawaslu Pamekasan, menempelkan stiker melanggar di salah satu APK Baliho Caleg di Pamekasan.

Pamekasan (berijatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, menyatakan rutin melakukan pengawasan dan penertiban terhadap sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) yang terpajang di area terlarang.

Hal itu disampaikan menyusul adanya keluhan dari salah satu Partai Politik (Parpol) peserta pemilu yang dijadwalkan digelar serentak 17 April 2019 mendatang. Salah satunya Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan.

“Intinya selama ini kami sudah bekerja maksimal, tentunya juga bekerja sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku. Termasuk soal pengawasan APK caleg yang terpasang di zona terlarang,” kata Komisioner Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus kepada beritajatim.com, Senin (14/1/2019).

Selain itu pihaknya juga memastikan melakukan komunikasi intens bersama instansi terkait dalam memantau berbagai jenis pelanggaran. “Mengacu pada jadwal yang ada, kita melakukan penertiban dua pekan sekali,” ungkapnya.

“Jadi setiap hari Rabu, terakhir Rabu 9 Januari (2019) kemarin. Berikutnya Rabu tanggal 23 Januari. Artinya satu kali dalam dua pekan yang kita lakukan pemertiban setiap hari Rabu, sampai masa kampanye berakhir,” jelasnya.

Disinggung soal APK berupa baliho caleg yang terpajang di beberapa zona terlarang, pihaknya juga memastikan sudah memberi tanda dengan pemasangan stiker tepat di sekitar baliho. “Kalau sudah ada tanda (stiker), secara otomatis nantinya kita tertibkan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan intens menjalin komunikasi dengan instansi terkait. “Jadi kalau soal penertiban, kita tinggal langsung menertibkan apalagi sudah kita pasang stiker melanggar,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar