Politik Pemerintahan

Bawaslu Lumajang Ajak Pers Awasi Pemilu 2019

Lumajang (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lumajang menggelar diskusi dengan media massa dan wartawan, Selasa(19/2/2019). Diskusi ini membahas tentang peran serta media massa dalam pengawasan pelaksana pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Lumajang, Amin Shobari mengatakan, kesuksesan Pemilu juga perlu didukung pers. “Saat ini sedang masa kampanye, kemudian juga dalam pengawasan,” paparnya.

Bawaslu sering mendapat laporan dari masyarakat soal adanya alat peraga kampanye yang dianggap melanggar. Dari banyaknya laporan, para calon legislatif juga ditemukan banyak melanggar. “Tapi ada juga tidak melanggar dilaporkan, karena ketidaktahuan aturan,” paparnya.

Bawaslu menghadirkan pembicara dari beritajatim.com, Oryza Ardiansyah. Jurnalis asal Jember ini menyampaikan, Bawaslu memang perlu mengandeng pers dalam fungsi pengawasan. “Sekarang ini yang dipakai media sosial dalam menyebarkan informasi,” jelasnya.

Menurut dia, didunia nyata Pemilu tidak terasa, tetapi dunia maya sangat ramai. Para pengguna smartphone bukan hanya dimiliki orang kaya dan pintar, tetapi juga masyarakat pedesaan dengan pendidikan tidak tinggi.

“Bagaimana pengawasan Bawaslu, bila mereka termakan informasi tidak benar. Menggandeng pers adalah jalan dalam menyampaikan informasi faktual,” ungkap Oryza.

Bawaslu Lumajang sangat berharap sinergitas dengan pers bisa beriringan demi suksesnya Pemilu 2019. [har/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar