Politik Pemerintahan

Bawaslu Kota Mojokerto Target Sapu Bersih APK

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mojokerto memastikan akan menyapu bersih seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 di detik awal tahapan masa tenang. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abshor.

“Masa tenang dimulai pasca tahapan masa kampanye dan dinyatakan resmi berakhir per hari Sabtu hari ini. Tahapan masa tenang dimulai hari Minggu besok sampai H-1 pelaksanaan pencoblosan. Penertiban APK mulai pukul 00.00 WIB, nanti malam,” ungkapnya, Sabtu (13/4/2019).

Masih kata Ulil, pihaknya menargetkan bisa menyapu bersih APK di Kota Mojokerto di detik awal tahapan masa tenang. Sehingga Bawaslu membentuk tim gabungan antara Bawaslu dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat untuk pembersihan APK.

“Akan ada tiga tim yang melakukan sweeping sekaligus membersihkan segala jenis APK. Kita juga gunakan satu unit truk crane dari DLH untuk pencopotan APK yang terpasang di baliho besar.┬áNamun kita juga menghimbau kepada para peserta Pemilu,” katanya.

Yakni dengan memberikan himbauan kepada para peserta Pemilu 2018 untuk menurunkan sendiri APK sendiri. Pihaknya berharap himbauan tersebut dilakukan namun, jika tidak diindahkan maka Bawaslu memastikan akan menurunkan paksa.

“Imbauan hingga ancaman penertiban APK itu, juga didasarkan pada hasil pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2019 kurun enam bulan. Yakni mulai 23 September 2018 hingga 23 Maret 2019,” tegasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar