Politik Pemerintahan

Bawaslu Kota Mojokerto Imbau Warga Turut Awasi Pemilu

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Pegawai Pemilu (Bawaslu) Kota Mojokerto mengimbau warga Kota Mojokerto untuk turut serta mengawasi pelaksaan Pemilihan Umum (Pemilu), 17 Apri 2019. Yakni dengan cara melapor jika ada pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Ulil Abshor mengatakan, pelaksanaan Pemilu kurang sembilan hari lagi. “Seiring menjelang berakhirnya tahapan kampanye dan jelang hari tenang, aktifitas peserta, pelaksana dan tim pemenangan semakin meningkat,” ungkapnya, Selasa (9/4/2019).

Masih kata Ulil, sehingga pihaknya mengimbau untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu khususnya di Kota Mojokerto. Bila ada potensi pelanggaran, lanjut Ulil, utamakan pencegahan dan jika ditemukan pelanggaran agar segera melapor ke jajaran Bawaslu Kota Mojokerto.

“Yakni melapor ke pengawas TPS, pengawas kelurahan dan pengawas kecamatan. Namun harus diperhatikan karena ada persyaratan untuk melapor pelanggaran pemilu. Yakni WNI yang sudah mempunyai hak pilih, peserta Pemilu, pemantau Pemilu yang terakreditasi dan sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah,” katanya.

Selain itu, lanjut Ulil, pelapor harus mempunyai hak untuk melapor terkait pelanggaran Pemilu. Pelapor juga harus menyiapkan syarat formil dan materiil serta datang langsung ke Bawaslu Kota Mojokerto. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas dan pelapor bisa menunggu setelah berkas dinyatakan lengkap.

“Tindak lanjut paling lama 7 hari sejak laporan diterima dan di registrasi. Jika diperlukan keterangan tambahan dan kajian, akan dilakukan paling lambat 14 hari kerja setelah temuan dan laporkan di registrasi. Mari bersama-sama awasi pelaksanaan Pemilu,” tegasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar