Politik Pemerintahan

Bawaslu Jember Tangani 2 Kasus Politik Uang, Seorang Tersangka Ditahan

Dwi Endah Prasetyowati, komisioner Bawaslu Jember

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, menangani dua kasus politik (money politics) dalam pemilihan kepala daerah. Salah satu tersangka ditahan polisi.

Dwi Endah Prasetyowati, komisioner Bawaslu Jember mengatakan, secara umum sudah tujuh kasus yang ditangani pihaknya. “Lima kasus sudah selesai dan dua kasus masih proses,” katanya, Selasa (1/12/2020).

Selain kasus politik uang di Bangsalsari, satu kasus lagi yang masih ditangani adalah dugaan politik uang di media sosial. “Kami dapat pelimpahan dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Modusnya adalah broadcast via WhatsApp minta dukungan dan doa restu dan menjanjikan voucher,” kata Endah. Kasus ini masih dalam proses penanganan.

Sementara itu, satu kasus adalah dugaan politik uang di Kecamatan Bangsalsari. Salah satu warga menjadi tersangka. “Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada kurang lebih 14 saksi dan terlapor, lakukan gelar, dan kami naikkan statusnya menjadi tersangka,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminalitas Polres Jember Ajun Komisaris Fran Delanta Kembaren.

Fran akan mendalami lagi motif pelaku. “Barang bukti sudah kami amankan. Salah satunya adalah rekaman video,” katanya. Kasus ini akan diserahkan ke kejaksaan begitu berkas lengkap. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar