Politik Pemerintahan

Bawaslu Jember Latih 93 Saksi Pemilu PKB

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, melatih 93 orang saksi pemungutan suara dari Partai Kebangkitan Bangsa, di aula Gus Dur Kantor Gerakan Pemuda Ansor Cabang Jember, Rabu (10/4/2019).

Materi pelatihan disampaikan langsung Ketua Bawaslu Jember Thobroni Pusaka. “Pelatihan saksi sudah kami lakukan sejak Senin kemarin. Salah satunya di Hotel Meotel. Satu hari ada empat sesi dan hari ini terakhir,” katanya.

Ada beberapa parpol yang belum dilatih karena belum memberikan nama-nama saksi. “Seperti PKPI kemarin sudah memberikan tapi dicabut lagi dan tidak ikut pelatihan saksi. Itu hak peserta politik,” kata Thobroni.

Bawaslu Jember berharap para saksi bisa ikut menjaga suara masing-masing. “Ada 28 orang di TPS. Harapan saya dengan adanya saksi-saksi itu, proses pungut hitung maupun pemungutan suara akan berjalan lancar, aman, dan tak ada kecurangan,” kata Thobroni.

Ketua Badan Saksi PKB Jember Achmad Syaikhu mengatakan, tugas pokok fungsi saksi menjadi titik tekan. “Tahu betul titik coblos yang benar dan termasuk melihat pelanggaran yang ada harus peka,” katanya.

“Karena ini dunia politik, kenakalan pihak lain pasti ada. Maka itu penataran saksi ini sangat ditekankan,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar