Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bawaslu Jember Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

Ali Rahmad Yanuardi, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jember

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuka pendaftaran pemantau pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden, sejak Jumat (10/6/2022) hingga tujuh hari menjelang hari pemungutan suara pada 2024.

“Bawaslu berkewenangan melakukan proses akreditasi terhadap pemantau pemilu 2024. Syarat pendaftarannya: berbadan hukum dan terdaftar pada pemerintah atau pemerintah daerah, memiliki sumber dana yang jelas, dan bersifat independen dan terakreditasi oleh Bawaslu,” kata Ali Rahmad Yanuardi, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jember, ditulis Sabtu (11/6/2022).

Bawaslu Jember menerima proses pendaftaran saja. “Proses penelitian administrasi dilakukan Bawaslu Provinsi Jatim. Sesuai tingkatannya, pemantau tingkat nasional harus memiliki minimal dua wilayah provinsi yang memiliki pemantau,” kata Yanuardi.

“Sementara untuk wilayah provinsi, ada dua kabupaten dan kota yang dipantau. Kalau pemantau tingkat kabupaten tidak ada batasannya. Tapi berdasarkan pengalam pemilu 2019, 50 persen dari jumlah wilayah kecamatan,” kata Yanuardi.

Proses pemantauan ditentukan lembaga pemantau masing-masing. “Kira-kira mereka mau memantau pada tahap apa, misalnya pencalonan saja, pemutakhiran data pemilih saja, atau proses pungut hitung, atau bisa jadi di seluruh tahap pemilu,” kata Yanuardi.

Setelah terakreditasi, lembaga pemantau akan dibekali kartu identitas yang diterbitkan Bawaslu RI setelah diverifikasi Bawaslu Jatim. “Temuan dugaan pelanggaran bisa dilaporkan ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti. Nanti ada kewajiban dari teman-teman pemantau untuk melaporkan hasil pemantauannya,” kata Yanuardi. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar