Politik Pemerintahan

Bawaslu Jember: 500 Suara Gerindra Hilang Tak Ubah Kursi

Jember (beritajatim.com) – Ratusan suara milik Partai Gerindra untuk pemilihan calon legislator DPRD Jawa Timur raib di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Jember Thobroni Pusaka mengatakan, saat rekapitulasi penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur ada protes dari saksi Gerindra. “Kami kemudian menganalisis bukti-bukti keberatan di rekapitulasi, hanya bukti di empat kelurahan yang lengkap,” katanya, Selasa (21/5/2019) malam.

Menurut Thobroni, ada 1.500 suara hilang di tujuh kelurahan yang dilaporkan. “Tapi mereka tak punya bukti cukup. Hanya (ada bukti) empat kelurahan, dan ada 500 suara yang hilang,” katanya.

Lima ratus suara hilang ini diketahui dari perbedaan data perolehan suara di formulir DAA dan DA1. “Dari (tambahan suara hilang sebanyak) 500 itu, tidak bisa mengubah perolehan kursi Gerindra di DPRD Provinsi,” kata Thobroni. Bagaimana bisa 500 suara itu hilang? “Kebanyakan salah input (memasukkan data),” kata Thobroni.

Persoalan itu akan disidangkan di Bawaslu Jatim. “Bawaslu Jember hanya menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam persidangan. Bawaslu Jember bisa menjadi saksi,” kata Thobroni. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar