Politik Pemerintahan

Panwascam Kepulauan Sumenep Diminta Petakan Indeks Kerawanan Pemilu

Sumenep (beritajatim.com) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, Moh. Amin meminta agar anggota Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) di wilayah kepulauan Sumenep melakukan pemetaan tingkat kerawanan Pemilu.

“Berkaca dari beberapa pemilu yang lalu, di wilayah kepulauan Sumenep seringkali muncul masalah. Pemilu 2019 kemarin di Pulau Masalembu dan Arjasa, sebelumnya juga di kepulauan yang lain. Karena itu, Panwascam di wilayah itu harus segera melakukan pemetaan,” katanya, Sabtu (28/12/2019).

Ketua Bawaslu Jatim berada di Sumenep pada Sabtu untuk menghadiri pelantikan 81 anggota Panwascam se-Kabupaten Sumenep. Pelantikan yang juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tersebut, dilakukan di Pendopo Agung Sumenep.

“Sejak dilantik ini, maka otomatis anggota Panwascam sudah mulai bekerja. Kami menyarankan agar mereka segera silaturahmi ke tokoh masyarakat setempat, untuk perkenalan dan menyamakan sikap terkait pengawasan pemilu,” ujar Amin.

Khusus untuk wilayah kepulauan, lanjutnya, selain melakukan pemetaan indeks kerawanan Pemilu, anggota Panwascam juga diminta untuk meningkatkan kinerja pengawasan. “Libatkan masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif. Karena dukungan masyarakat sangat penting untuk membantu tugas pengawas pemilu,” ucap Amin.

Sekadar diketahui, Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. Dari jumlah tersebut, sembilan kecamatan di antaranya merupakan kecamatan kepulauan. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar